Warungboto: Mengintip Tempat Foto Prewed Kahiyang dan Bobby

Warungboto: Mengintip Tempat Foto Prewed Kahiyang dan Bobby

Indonesia Jernih
no comments. 33

Apakah ada di antara kalian yang udah lihat foto Pre weddingnya Kahiyang dan Bobby lalu di antara kalian ada yang nanya, itu dimana ya? Kok bagus banget tempat-tempatnya? Kok kayak kenal? Apa itu Taman Sari yang ada di Jogja? Tapi Taman Sari nggak begitu juga? Dan pertanyaan-pertanyaan yang lain. Tempat itu namanya Warungboto. Baru denger? Tempat yang satu ini memang terhitung baru bagi destinasi wisata yang ada di Jogja.

Well, artikel kali ini kita akan coba ulas secara agak mendalam, karena kalau dalam-dalam nantinya kelelep dan susah move on, tentagn Warungboto. Ingat, ini bukan warung yang jualan batu bata hanya karena namanya Warungboto lho ya.

Jadi begini ceritanya, Warungboto ini adalah sebuah situs yang baru saja direnovasi sekitar tahun 2016 lalu. Proses renovasinya baru dimulai sekitar setahun belakangan ini. Warungboto sendiri ada di jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta. Warungboto ini sebenarnya adalah sebuah pesanggrahan.

Warungboto

Warungboto di tahun 1935 Sumber: google.co.id

Menurut salah satu Pengagung Keraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat, Warungboto ini adalah petilasan yang dibangun pada masanya Sultan Hamengkubuwono I dan pembangunannya dilanjutkan pada masa pemerintahan Sultan HB II.

Nama asli Warungboto adalah Pesanggrahan Rejawinangun yang dulunya merupakan sebuah pemandian karena di tempat ini dulu ada sebuah sumber mata air. Sebelum direnovasi seperti sekarang, Warungboto ini hanya berupa reruntuhan yang tidak terawat sama sekali, bahkan terlihat bukan seperti bangunan bersejarah, tapi hanya seperti bangunan rusak yang ditinggalkan.

Warungboto Sebelum Renovasi Sumber: google.co.id

Warungboto Sebelum Renovasi
Sumber: google.co.id

Kalau bertolak dari data di Balai Pelestarian Cagar Budaya D.I.Y, tempat ini dibangun oleh Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan punya fungsi sebagai tempat istirahat keluarga kerajaan. Nah, karena fungsinya itu untuk tempat istirahat, maka tempat ini dilengkapi dengan taman, kolam, segaran dan juga kebun.

Kalau menilik indentifikasi BPCB DIY, tempat ini dibangun dengan menggunakan batu bata dan dibangun di sisi barat dan timur sungai Gajah Wong dan membujur dari barat ke timur. Kompleks bersejarah ini terdiri dari pagar dan juga bangunan pesanggrahan. Pesanggrahannya sendiri terdiri dari dua bagian, yakni sisi barat dan timur.

Pada bangunan barat, ada kompleks bangunan yang berupa kamar dengan halaman berteras dan juga kolam pemandian yang airnya keluar dari mata air atau umbul. Kolam yang pertama memiliki bentuk lingkaran yang punya diameter sekitar 4.5 meter dan di bagian tengah kolam tersebut ada sebuah sumber pancuran air. Sementara di kolam yang lain, memiliki bentuk bujur sangkar dan ukurannya ada sekitar 10 meter x 4 meter. Kolam yang satu dan yang lainnya tersebut saling berhungan satu sama lain.

Warungboto setelah renovasi. Sumber: google.co.id

Warungboto setelah renovasi.
Sumber: google.co.id

Seperti yang tadi dibilang di atas kalau proses renovasinya baru dimulai sekitar setahunan yang lalu, jadi belum sepenuhnya selesai. Meskipun begitu, tempat ini sudah memperlihatkan kemegahannya seperti destinasi wisata bersejarah lain yang ada di Jogja. Dengan struktur bangunan yang unik dan juga lorong-lorong, jendela dan pintu yang punya aksen melengkung membuatnya semakin menarik.

Cek Kabar: Karstubing Sedayu: The River Of Adventure

Jadi jangan heran kalau sekarang situs yang satu ini dikunjungin oleh banyak orang dan juga menjadi salah stu spot foto Prewed putri presiden Jokowi.

Sekarang kalau kalian mau kesana, kalian tidak akan dikenakan tarif karena memang belum sepenuhnya selesai. Meskipun begitu, sebagai seorang wisatawan yang beradab, alangkah baiknya tetap menjaga tempat bersejarah tersebut. Tetap berlaku baik dengan menaati semua peraturan yang ditetapkan oleh pengelola.

Jadi, mau foto prewed disana juga kayak Kahiyang dan Bobby? Cari dulu calonnya!

No Comments

Leave a Reply