Prajurit Ngayogyakarta Hadiningrat

Prajurit Ngayogyakarta Hadiningrat

Riyani
no comments. 92

Ngayogyakarta Hadiningrat, sebuah kota penuh budaya, toleransi dan keindahan alam yang disajikannya. Kota budaya penuh dengan kearifan lokal yang menarik untuk dipelajari dan dilihat.

Salah satu kearifan lokal yang ada di Kota Jogja tercinta ini adalah adanya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi pusat budaya di kota ini. Sebagai sebuah lembaga budaya yang didalamnya masih melestarikan adat istiadat dan budaya Jawa yang kental akan kearifan lokal yang hingga sekarang ini masih dilestarikan. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dipimpin oleh seorang Raja dengan gelar Sri sultan Hamengkubuwana. Hingga saat ini gelar tesebut masih ada, dan yang bertahta saat ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sebagai pusat budaya yang ada di kota Jogja ini, masyarakat sangat menghormati adanya Raja Jogja yang melindungi dan mengayomi masyarakatnya.

Seperti diketahui Kraton Ngayogyakarta merupakan pemerintahan secara budaya yang ada di Jogja ini. Sri Sultan sebagai raja begitu dihormati karena kewibawaannya sebagai seorang pemimpin. Banyak kepercayaan bahwa orang yang mau mengabdi terhadap raja maka hidupnya akan bahagia. Beberapa kepercayaan itu memang benar adanya, banyak masyarakat Jogja yang mengabdi di dalam Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Masyarakat yang mengabdikan diri itulah yang disebut abdi dalem. Abdi dalem yang bekerja di lingkungan kraton mempunyai tingkatan masing-masing yang diberi tugas untuk mengelola dan menjaga kraton tersebut.

Cek Kabar: Travel Story: Ulasan Penginapan

Hal lain yang menarik dari Jogja adalah masih adanya arak-arakan pradjurit Kraton yang masih menggunakan seragam dan senjata tradisional. Prajurit Kraton ini sering disebut bregada muncul ketika diadakannya upacara Grebeg yang diadakan oleh Kraton pada bulan Syawal, maulud dan Besar dalam tanggalan Jawa. Prajurit Kraton yang diarak terdapat beberapa kelompok yang masing-masing mempunyai nama antara lain prajurit Wirabraja, Dhaheng, Patangpuluh, Jagakaryo, Prawirama, Ketanggung, Mantrijero, Nyutra, Bugis dan Surakarsa. Nama-nama bregada Kraton tersebut juga merupakan nama-nama kecamatan yang ada dikota Jogja.

Penasaran?
Selamat berwisata ke Jogja :))

No Comments

Leave a Reply