Modus Penipun Turis yang Harus di Perhatikan!

Modus Penipun Turis yang Harus di Perhatikan!

Vera
no comments. 280

Banyak kejadian penipuan turis yang dilakukan orang lokal atau oknum-oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari orang yang ingin mengunjungi dan menikmati suatu tempat. seperti saya yang pernah mengalami beberapa kejadian yang membuat saya tidak nyaman terhadap tempat tersebut. Tetapi, dengan adanya kejadian tersebut saya menjadi lebih berhati-hati dan teliti jika mengunjungi suatu tempat dan juga bisa menceritakan kepada kalian

1  Becak Alun Yogyakarta

Rata-rata orang yang datang Yogya pasti selalu menyempatkan dirinya ke alun-alun ke Yogya. Gatau kenapa sayapun begitu. disana kulinerna banyak, aksesnya gampang dan adanya pohon kembar dengan segala cerita mistisnya. Pertama kali saya kesana itu 3 tahun yang lalu bersama teman saya. Awalnya kita tidak tahu rute untuk kesana. Lalu kita disarankan naik becak untuk keliling alun-alun. setelah tawar-menawar dan mendapatkan harga yang sesuai, bapak becak tersebut mengantarkan kita. kita diantar ke tempat pusat oleh-oleh yang menurut saya harganya tidak sesuai dengan kantong saya. saya pun tidak membeli begitupun dengan teman saya. saya melihat raut wajah bapak tersebut berubah lalu dia mengantar ke temmpat pusat baju khas Yogya. Kamipun tidak membeli karena di jalan Marlboro menurut saya lebih murah dibandingkan ditempat tersebut. Sikap bapak becak tersebut berubah tidak seperti awalnya. lalu sampailah kita di alun-alun Yogya dan kita kaget karena harga becak yang dibayar tidak sesuai dengan perjanjian tadi. bapak tersebut mmebuat harga sendiri yang membuat saya kesaln dan mengomentarinya. kita berdebat dan pada ujungnya kita terpaksa membyara sesuai dengan kemauannya karena kita sadar kalau kita hanya pendatang. lalu saya menceritakan kejadian tersebut kepada teman saya yang tinggal disana. Saya baru tahu jika kejadian tersebut sering terjadi karena disaat tukang becak mengantar  ke pusat-pusat oleh tersebut, kita tidak membeli sehingga bapak becak tersebut tidak mendapat upah dari hasil promosinya lalu dia menaikkan harga becaknya karena kesal.

2 Oknum Jeep Bromo

pernah gak sih kalian dibohongin kesuatu tempat dengan iming-iming jalan gak bisa lewat dan harus naik kendaraan dari orang tersebut? yapp saya mengalaminya sendiri. saat otu sedang ada bromo kasada, nah kami membawa motor kesana lalu saat pintu gerbang penjaganya bilang kalau motor gak bisa masuk dan kita harus menyewa jeepmya. namun kami beruntung tidak mengikuti saran tersebut karena kami menanyakannya atau mencari info dari orang yang berbeda sehingga kamu masih dapat pergi dengan kendaraan kita sendiri.

3 Delman Yogyakarta

Sebenarnya saya gatau ini penipuan atau tidak namun karena omongannya yang dilebih-lebihkan maka saya menyebutnya hampir penipuan. Saat itu saya ingin ke bororbudur lalu dari depan pasar para penyewa delman dan nagkot bilang kalau jarak dari pasar tersebut jauh sekali. sehingga dengan terpaksa kami naik delman lah untuk ke borobudur. ternyata jarak dari pasar untuk ke borobudur itu dekat sekali dan banyak para backpacker yang jalan untuk menghemat biaya. sebenarnya harga delmannya tidak mahal tapi cara mereka yang melebih-lebihkan jarak yang saya tidak suka dan karena saat itu merupakan hari-hari terakhir sehingga yang harusnya saya lebih menghemat biaya malah mengeluarkan uang. huftt

Segitulah cerita yang pernah saya alami. oleh karena otu, sebaiknya anda yang ingin travelling harus lebih berhati-hati dan jangan tanyakan pada satu orang saja tetapi beberapa orang untuk meyakinkan arah jalan yang akan kalian lalui bukannya tidak percaya tetapi hanya berjaga dan tidak semua orang lokal melakukan hal tersebut karena percayalah masih banyak orang di luar sana.

No Comments

Leave a Reply