Panda, Mie, dan Mall, Trinitas Puncak Kenikmatan

Panda, Mie, dan Mall, Trinitas Puncak Kenikmatan

Indonesia Jernih
no comments. 93

Apa yang terlintas pertama kali ketika mendengar kata “mall”? Bisa jadi spontan terpikir jalan-jalan, belanja, nonton film, atau bermain game arcade. Namun mall kini pun menjadi salah satu tujuan utama untuk mencari pengenyang perut. Tak terhitung lagi jumlah gerai makanan di mall-mall di kota besar Indonesia. Begitu pula yang terjadi di Jogja, dengan segala keunikannya masing-masing, gerai makanan ini menyajikan sajian khas yang spesial. Yang satu ini pun tak kalah spesial, karena si putih panjang ini disukai sebagian besar masyarakat. Siapa yang tak kenal dengan mie, hidangan yang berasal dari negeri tirai bambu? Negeri Tiongkok memang sudah termahsyur dengan dua hal ini; mie dan panda. Yamie Panda kini menghadirkan sensasi menyantap mie di dalam mall dengan tak lupa menghadirkan suasana negeri panda di dalamnya.

Gerai Yamie Panda yang berlokasi di Lippo Plaza Jogja ini baru dibuka di bulan September 2017. Seperti gera-gerai sebelumnya, gerai baru ini pun menghadirkan suasana makan seperti di negara asal mie. Ornamen-ornamen khas Tiongkok tertata rapi dan tentunya mengundang pengunjung untuk unjuk eksistensi di media sosial. Pintu masuknya berbentuk seperti gerbang istana tradisional Tiongkok, tak lupa dengan hiasan aksara hanja tertulis di gerbangnya.

photo by @foodclub_lpj

photo by @foodclub_lpj

Lampion-lampion tergantung indah, menyolok dengan warna perlambang keberuntungan, yaitu warna merah. Aksara hanja berwarna emas juga terpampang di lampion-lampion ini. Istimewanya lagi, di gerai Yamie Panda Lippo Plaza terdapat rickshaw, atau sejenis becak yang ditarik orang, seperti gerobak di Indonesia. Rickshaw ini pun tentu jadi bahan menarik untuk properti foto pengunjung yang makan di sini. Tak lupa patung maskot Yamie Panda ikut menyambut pengunjung. Tentu saja si maskot tak lain dan tak bukan adalah Beruang Panda, hewan asli Tiongkok. Sepintas lalu maskot Yamie Panda mengingatkan kita pada salah satu karakter kartun dengan inspirasi hewan yang sama.

Menu Fleksibel

Persoalan menunya sendiri, tak perlu ragu, karena pilihannya sama dengan gerai lainnya; sama-sama enak. Harganya pun sangat bersahabat, terutama dengan anggaran sebagian penduduk tidak tetap Jogja yang menimba ilmu di universitas, alias kaum mahasiswa. Bukan masalah jika di dompet hanya tersisa selembar uang bergambar Frans Kaisepo, atau Sultan Mahmud Badaruddin. Tersedia menu ramah kantong, mulai tujuh ribu rupiah, mie hangat sudah bisa disantap dengan nikmat. Jika ingin pilihan lain, tersedia berbagai pilihan topping dan pendamping. Pangsit, bakso, sayuran, dan rasa si mie sendiri pun bisa dicustom, ingin manis atau asin. Walaupun berjudul Yamie Panda, tak hanya mie saja yang dijual. Ada pula aneka dimsum dengan harga miring dan rasa lezat yang bisa jadi variasi kalau saja bosan dengan mie.

photo by @streetfoodstories

photo by @streetfoodstories

Namun ada kalanya penyakit orang Indonesia muncul, kurang mantap kalau tak menyantap nasi. Mungkin memang sudah kebiasaan, kalau beras yang telah dimasak ini wajib disantap, jika tidak, ada saja keluhannya. Yamie Panda paham akan urusan ini, mereka juga menyediakan menu nasi. Yang jadi unggulan adalah nasi campur empat musim. Seperti namanya, perpaduan rasa yang indah dari ayam, telur, nasi, berpadu dengan sayuran dan bumbu lainnya seolah membawa kita ke tengah guguran daun willow yang berjatuhan di musim gugur, lalu disambut putihnya salju saat musim dingin tiba, berganti dengan mekarnya bunga plum saat musim semi mengiring, dan hijaunya padang rumput di Songbaizhen saat bulan Juli. Ada pula pilihan menu dengan kearifan lokal, misalnya ceker ayam yang sudah pasti menggoda selera dengan bumbu manisnya. Pun dengan opsi porsinya yang mampu memuaskan penggila makan. Porsi sedang dan porsi kenyang adalah jawaban untuk perut dengan kadar lapar berbeda. Intinya, tak perlu bimbang dan ragu dengan pilihan makanan di sini. Beda orang, beda selera, namun semuanya bisa diakomodasi di Yamie Panda.

Dan kabar baiknya adalah, ada selentingan kabar yang lewat, bahwasannya Yamie Panda akan menyusul hadir di mall-mall lain. Hasrat belanja tersalurkan, perut lapar terpuaskan.

No Comments

Leave a Reply