Merapi Tak Pernah Ingkar Janji

Merapi Tak Pernah Ingkar Janji

rossyanna
no comments. 81

 

P_20170521_103617_1_p

Hay,, Penikmat alam semesta. Manikmati alam dan panoramanya kini sudah menjadi list liburan bagi masyarakat, pastinya dengan misi dan visi mereka tersendiri. Alam Indonesia menyajikan banyak budaya dan destinasi wisata yang gak kalah yahud dari negara-negara tetangga guys..
Kali ini saya akan berbagi pengalaman mendaki gunung MERAPI, gunung berapi yang berada di tepat tengah pulau Jawa ini merupakan gunung berapi teraktif di Indonesia. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2010 yang memakan beberapa korban Jiwa dan kemudian tercatat memiliki ketinggian 2930 mdpl setelah letusan itu.
Kali ini kita akan membahas tentang perjalanan dan bukan sejarah, heheh. Pada pertengahan bulan Mei 2017, saya dan beberapa teman merencanakan pendakian ke gunung Merapi. Kami memilih mendaki gunung Merapi via jalur New Selo, Boyolali Jawa Tengah. Kebutulan kami tinggal di daerah Magelang dan tidak terlalu jauh jarak menuju basecame New Selo. Tepat setelah Magrib kami memulai perjalanan dengan menggunakan Motor. Dikarenakan cuaca memang dingin kabutput turun di perjalanan menuju TKP, sekitar 2 jam perjalanan kami pun sampai di pos desa terakhir yaitu bascame jalur pendakian New Selo.
Waktu menunjukkan pukul 21:00, setelah beristirahat dan makan malam kami memutuskan untuk melakukan pendakian. Suasana disana sangat ramai, menjelang awal puasa mungkin mereka ingin mendaki sebelum ramadan tiba. Tepat pukul 22:00 kami berdoa dan melakukan perjalanan. Trek dimulai dengan deretan kebun penduduk yang tertata, sedikit menyorotkan lampu senter atau handlamp untuk dapat melihat pemandangan itu. Dari basecame new selow kita akan bertemu dengan gerbang pendakian yang jaraknya lumayan panjang( sekitar 1 jam). Medan masih tanah dan jalan setapak yang cukup jelas.

GERBANG SELAMAT DATANG

GERBANG SELAMAT DATANG

Gerbang pendakian ( pos bayangan satu) di sini ada selter untuk beristirahat dan tempat untuk berfoto. Setelah dari pos bayangan 1 membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menuju pos 1 dengan trek berbatu.

POS 1

POS 1

Dan terdapat selter juga untuk beristirahat. Masih dengan trek yang hampir sama sekitar 1 jam perjalanan akan sampai di pos 2. Hati-hati jalan menuju pos dua banyak terdapat batu-batu besar dan rawan terpleset. Hampir tidak ada bonus dan trek selalu naik ( harap bersabar).

Trek menuju Passar Bubrah

Trek menuju Passar Bubrah

Sekitar satu jam dari pos dua, akan ditemui jalan berbatu yang agak landai itu tandainya kita smpai pada batas vegetasi. Disini ada beberapa lokasi untuk mendirikan tenda. Tidak jauh dari sini ambil arah ke kiri untuk menuju Pasar Bubrah. Pasar Bubrah merupakan Pos terakhir. Didominasi pasir yang luas yag berbatu dan tandus. Ditempat ini banyak pendaki yang mendirikan tenda karena tempatnya sangat dekat dengan puncak. Seperti halnya kali mati dan Mahameru, ini Pasar bubrah dan puncak merapi.

IMG_20170521_080015

P_20170521_074842_HDR_p

Sebenarnya ada larangan keras untuk mendaki Puncak Merapi, dikarenakan masih aktif dan sewaktu-waktu bisa membahayakan. Ada dua papan berwarna kuning dengan tulisan “Stop  Batas Pendakian”.

STOP BATAS PENDAKIAN

STOP BATAS PENDAKIAN

Namun pesona merapi masih membuat beberapa pendaki khilaf dan lupa akan makna dari tulisan itu. Saat cuaca cerah banyak pendaki yang nekat untuk ke atas ( jangan ditiru).

TOP OF MERAPI 2930MASL

TOP OF MERAPI 2930MASL(JGN DI TIRU)

Dari pasar bubrah sekitar 2-3 jam pendakian menuju puncak, tergantung pada kemampuan individu dan akan bertemu dengan kawah dan juga puncak Rajawali yang letaknya berada diseblah kiri dari jalur pendakian. Have a nice backpacker guys…..

No Comments

Leave a Reply