Mataram Culture Festival 2017

Mataram Culture Festival 2017

Uncle
no comments. 58

  “Indonesia adalah negara besar” kata itu membuat saya terbayang! bagaimana jika saya naik kapal di negara lain, 5 jam kemudian saya sudah merogoh pasport karna sudah tiba di negara lain.

Lah kalo di indonesia?? Jangankan 5 jam, 10 jam naik kapal juga masih di indonesia.

Dan indonesia itu negara besar yg terdiri dari banyak negara. Lah, di Yogyakarta itu sebuah negara, di Makassar itu juga negara, di Surabaya juga negara. Pokoknya dari Sabang hingga Merauke itu terdapat banyak negara, loh!

Tapi ada yg istimewa di negri ini! Ya, Yogyakarta sebagai daerah yg masih di pimpin oleh kerajaan Mataram yg masih berkibar dan berwibawa itu.

Dan sebagai Kerajaan Mataram, Jogja memiliki acara tahunan yg sangat menarik! Yaitu Mataram Culture Festival. Acara ini sudah digelar tahun lalu, dan kali ini adalah keduakalinya. Ya, mungkin bisa dikatakan baru yg akan mulai di gemari masyarakat. Karena antusias tahu ini sangat luar biasa!

            Untuk Mataram Culture Festival 2017, meiliki acara Parade dolana anak dan Mataram Performing Art yg dipertontonkan di malam harinya. Dan diselenggarakan di sekitar Malioboro saja. Ya, pasti tau lah tempat itu! Ehehehe

Menyaksikan anak-anak memainkan permainan tradisional, membuat sikut dan kaki saya merinding begitu mencengkam. Seloah saya kembali di umur saya yg masih sweetseventeen. Ehh ketuaan tuh! Ya, mungkin sekitar umur 8-12th. Saat bilah egrang masih sanggup menopangku.

Saya semakin terpaku karena anak-anak bermain semakin asyik saja. Banyak macam-macam permainan tradisional yg mereka mainkan, Yg membuat saya juga mengenal suatu permainan yg tidak ada di tempat tinggalku waktu itu.

Terkadang saya juga ingin mencoba memainkan mainan itu, karena begitu unik dan patut untuk di pertahankan keberadaannya. Saya melihat beberapa turis asing sesekali meringis menyaksikan mereka. Lah, kalo saya gak hanya meringis bahkan malah tertawa kuda!!!

Dan Pada malam harinya tibalah waktu untuk mataram performing art, yg berlokasi di Monumen Serangan umum 11 Maret. Acara ini dimulai sekitar pukul 18.30 WIB, yg makin malam justru makin ramai.

Disini saya disuguhkan tari adat tradisional kerajaan mataram. Karena pada zaman dulu, perajurit tidak hanya di latih perang namum juga sajian tari untuk sang raja.

Tarian mereka begitu menghibur, saya jadi merasa seperti seorang raja pada waktu itu. Dentuman suara saron meyesakkan dada, karna saking terpukau oleh sajian tari pembuka itu.

Dan tidak hanya tari tradisional, tari semi modern juga melengkapi acara ini. Kali ini membuat perut saya keroncongan, karena waktu semakin malam. Nah, saya putuskan untuk makan tapi tidak meninggalkan tempat karna disana disuguhkan makan ringan khas Yogyakarta. Tentunya ini jadi sebuah festival yg asik bukan??

           Tak hanya tarian saja yg akan menghibur, musik tradisional yg dikemas lebih menarik oleh kawula muda semakin melengkapi acara ini.

Hingga tibalah di ujung acara! Dimana tarian itu yg menceritakan kehidupan kerajaan Mataram. Semua indra saya semakin mencengangkan, terpukau oleh meriahnya pertunjukan penutup itu. Meskipun penutup, bagian ini jadi sebuah inti acaranya. Dan memberikan kesan glamor karena dilengkapi rangkaian kembang api dan asap warna yg membuat penonton hiruk periuk terpukau oleh sajian tari itu.

Tepuk tangan yg meriah menjadi tanda, pertunjukan telah selesai.

Sejenak nafasku masih tersendat-sendat karna masih berdecak kagum, dan mulailah saya meninggalkan tempat.

Yg saya dapatkan di festival bukan hanya pengetahuan dan hiburan, tapi juga teman lokal yg semoga aja gak hanya jadi teman, tapi lebih dari sekedar teman! Ehehehe

Acara ini jadi rekomendasi baru di yogyakarta, yg gak boleh terlewatkan. Mataram Culture Festival itu adalah acara yg akan membuat kamu berkesan seperti seorang raja, oleh pertunjukan yg memang di pertunjukan untuk sang raja pada masa itu.

Mataram Culture Festival ini semakin asik, karna dimeriahkan dan didukung oleh banyak sekali komunitas peduli wisata di jogja. Jadi kita bisa guyub teman baru, dgn pengetahuan baru juga pastinya

Jadi, apakah kalian sudah berencana untuk datang di acara ini tahun depan? Jangan lupa ajak saya ya, nanti saya yg traktir makan tapi bayarnya patungan.

No Comments

Leave a Reply