Harta Karun di Candi Barong

Harta Karun di Candi Barong

rikakp
no comments. 339

   Yogyakarta, kota budaya, yap! Benar sekali. Terdapat banyak sekali warisan budaya yang menjadi ciri khas kota ini, seperti candi misalnya.

      Terdapat banyak candi tersebar di seluruh penjuru Jogja, dari yang sangat terkenal seperti Prambanan sampai  candi Ratu Boko yang sangat epic. Candi-candi yang tersebar ini bak harta karun yang harus ditemukan, bukan sama sekali tak terjamah namun, karena berbagai alasan seperti akses yang sulit ataupun lainnya. Seperti candi Barong misalnya. Candi ini masih belum banyak yang tahu, karena memang akses yang sulit dengan jalanan yang harus menanjak dan batu-batu, jarak rumah antar warganya pun berjauh-jauhan dan banyak dikelilingi hutan. Candi ini bisa dilewati searah seperti menuju ke Tebing Breksi ataupun Candi ijo.
Senangnya, warganya disini akan dengan senang hati jika kita bertanya arah jalan ke candi Barong tentunya, selain itu tukang parkir pun ramah-ramah. Singkat cerita, saat aku menuju candi ini dengan temanku menggunakan motor ternyata ban motorku pecah, dan hal itu baru disadari si tukang parkir, bergegas ia memanggilku yang hendak masuk candi, aku sontak kaget dan bingung karena ditempat tersebut tidak ada tambal ban, akhirnya si tukang parkir menghubungi temannya yang sedang pergi untuk datang kesini dan menambalkan motorku, baiknya lagi si tukang parkir menyuruhku untuk masuk saja ke candi sambil menunggu tukang tambal ban datang. Tiket masuk hanya di bandrol 5 ribu per orang. Cukup murah untuk kantong mahasiswa ya kan. Setelah masuk mata kita langsung disuguhi pemandangan candi Barong yang membentang luas, ternyata banyak turis-turis yang datang kesini, banyak juga mahasiswa-mahasiswa yang duduk-duduk santai di rerumputan hijau sambil membaca buku. Aku memutuskan untuk banyak-banyak mengabadikan momen di potret handphone-ku, sambil memanjakan mata pada setiap relief-relief candinya.

    Setelah menikmati cantiknya candi Barong ini, aku dan temanku langsung menuju ke tempat parkir dan tentu saja ban motorku sudah siap. Memang mengagumkan Jogja ini, selalu istimewa orang-orangnya. Perjalananku ke Candi Barong ini sungguh tidak direncanakan, bermodal google maps akhirnya bisa juga sampai, sungguh ini adalah trip yang sangat mengesankan. Rasanya ingin terus blusukan mencari harta karun seperti candi barong ini di Jogja.

No Comments

Leave a Reply