Goa Surowono Di kediri

Goa Surowono Di kediri

Vera
no comments. 701

Kediri-Pare merupakan salah satu tempat edukasi yang ada di Pulau Jawa yang bernama Kampung Inggris. Pada liburan kemarin, saya menyempatkan untuk belajar ditempat ini. Salah satu agenda saya saat jam kosong adalah explore sekitar Kediri. Nah di sekitar kampung Inggris tersebut ada wisata hits lokal yaitu Goa dan Candi Surowono. Tapi kali ini saya ingin menceritakan tentang Goa Surowono saja. Hal unik dari Goa Surowono itu, kita harus menyusuri dengan keadaan air sekitar pinggang orang dewasa yang otomatis membuat kita basah. Pada hari pertama saya ke goa ini sudah tutup karena kami datang kesorean dan kami datang lagi pada hari kedua dan merupakan kloter terakhir. Goa ini terdapat di area sawah dan juga perumahan warga sekitar sehingga agak sulit untuk menemukan tempat ini. untuk masuk ke Goa ini kalian hanya membayar Rp.3000 saja yang sudah dipandu oleh warga sekitar.

Baca Berita Lainnya:  BROMO KASADA: Tradisi melawan Dingin

                                         Related image

Pintu masuk untuk masuk ke dalam goa ini kurang memungkinkan karena hanya berupa lubang yang ada tangganya sehingga jika hujan membuat jalan menjadi licin. Sebelum masuk kedalam goa kita diberi senter untuk orang depan dan belakang saja. Menyusuri goa ini membutuhkan waktu 10-15 menit yang juga akan diceritakan oleh pemandunya. Asal kalian tahu ada salah pintu goa yang bisa menembus sampai gunung merapi katanya lho. Pintu itu digunakan pada zamannya untuk melindungi diri dan juga untuk melarikan diri tapi pintu itu sekarang sudah ditutup karena dikhawatirkan ada yang mencoba. Keadaan goa sangat gelap dan karena ukurannya sempit sehingga hanya bisa dilewati oleh satu orang saja. Saya tidak bisa mengambil gambar didalam goa karena kamera dititipkan di loker dan tidak tahan air.

Baca Berita Lainnya:  BROMO KASADA: Tradisi melawan Dingin

Air dari goa tersebut sangat bersih sehingga dijadikan tempat menyuci dan mandi oleh warga sekitar. Pintu keluar dari goa ini didepan sawah sehingga kita menikmati dahulu suasana sekitar lalu kita berjalan kembali ke tempat semula. Di sekitar goa tersebut ada candi surowono tetapi candi tersebut sudah hampir hancur dan masih ada satu candi saja itupun tinggal setengah. Sebenarnya jika goa dan candi ini di kelola dengan baik oleh pemerintah dan warga sekitar, candi dan goa ini bisa menjadi tempat wisata yang bagus sehingga bisa menjadi pendapatan bagi warga sekitar juga.

No Comments

Leave a Reply