Tanjung Puting, Surganya Orangutan dan Wisatawan!

Tanjung Puting, Surganya Orangutan dan Wisatawan!

Indonesia Jernih
no comments. 431

Siapa disini yang baru pertama kali mendengar nama Tanjung Puting? Sebagian dari kalian pasti asing dengan nama ini. Tapi kalian perlu tahu kalau Tanjung Puting merupakan salah satu taman nasional yang ada di Indonesia. Tepatnya terletak di Kalimantan Tengah dan menjadi rumah bagi orangutan. Salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia.

Taman Nasional Tanjung Puting ini merupakan Suaka Alam dan juga Suaka Marga Satwa yang punya luas sekitar 415.000 hektar. Di dalam area taman nasional ini juga masih terdapat hutan tropis yang masih utuh dan terawat. Disini banyak sekali tumbuhan dan berbagai macam jenis hewan yang hidup nyaman disana. Salah satunya adalah orangutan. Kalau kita tilik sejarahnya, taman nasional ini berdiri pada tahun 1971 dan awalnya merupakan wilayah konservasi dan penelitian.

sumber: google.co.id

sumber: google.co.id

Beberapa tahun setelahnya, tempat ini menjadi destinasi wisata yang menarik minat banyak orang terutama wisatawan mancanegara. For your information, tempat ini dikunjungi 10 ribu sampai 15 ribu orang pertahunnya. Kebanyakan dari mereka yang berkunjung kesana ingin menyapa salah satu primata yang terancam punah yakni Orangutan.

Baca Berita Lainnya:  TAMAN SARI, SEJARAH, FAKTA DAN TEROWONGAN MISTERIUSNYA

Taman nasional ini ada di kabupaten Kotawaringin Barat di propinsi Kalteng. Kalau kamu mau kesana, kamu bisa lewat mana saja. Kamu bisa naik pesawat menuju ke Pangkalan Bun lalu langsung saja menuju ke Kecamatan Kumai tempat Taman Nasional ini berada. Tenang saja, selalu ada penerbangan setiap hari ke Pangkalan Bun kok, mau kamu lewat Jakarta, Surabaya, Jogja, atau kota lain di Indonesia.

sumber: google.co.id

sumber: google.co.id

Begitu nanti kamu disana, kamu akan terkesan dengan keindahan yang ada di tempat ini. Tapi, sebelum sampai ke Taman Nasional, kamu harus naik Klotok terlebih dahulu. Klotok adalah semacam kapal yang memiliki desain seperti hotel yang di dalamnya ada tempat tidur, wc, warung makan, dan fasilitas yang lain, sehingga kamu bisa menikmati perjalananmu ke Taman Nasional ini.

Baca Berita Lainnya:  Hutan Pinus dan Kisah Cintanya

Sesampainya disana, kamu akan disapa oleh Orangutan yang merupakan endemik di tempat tersebut. Dengan pemandangan yang indah dan juga orangutan yang “ramah” pastinya akan membuatmu betah berada di tempat ini. Kalau kamu mau masuk ke tempat ini kamu hanya dikenai biaya 300 ribu sampai 450 ribu rupiah full day, dari pagi jam 6 sampai jam 7 malam. Worth it banget lah, dengan keindahan alam yang ngga ada tandingannya dan juga bersentuhan langsung dengan Orangutan, kamu pasti nggak akan nyesel. Dengan biaya segitu kamu sudah bisa mendapatkan 1 kali makan dengan snack dan air mineral. Tapi itu harga untuk rombongan 20-30 orang, kalau kamu sendiri harganya pasti berbeda. Makanya, kalau pergi ke Tanjung Puting, kamu harus mengajak banyak orang.

Baca Berita Lainnya:  Berlayar Ke Taman Bambu Air Waduk Sermo

Kalau kamu mau ke tempat ini kamu harus memesan paling tidak seminggu sebelum keberangkatan untuk bisa mendapatkan klotok wisatanya. Kalau kamu memesannya mepet, kamu bisa kalah saing dengan wisatawan manca negara yang pengen lihat orangutan.

berita lainnya: Kids Fun, Kesenangan Tanpa Akhir

Jadi tunggu apalagi? Menikmati pemandangan alam yang indah ditambah dengan ketemu orangutan yang hampir punah, pastinya jadi momen liburan yang nggak akan terlupakan.

No Comments

Leave a Reply