Pilihan Wisata Adventure di Jogja yang Akan Memacu Adrenalin

Pilihan Wisata Adventure di Jogja yang Akan Memacu Adrenalin

woi.id
no comments. 976

Jogja menyimpan sejuta pesona wisata, dari wisata budaya, alam, hingga aura klasik yang mampu memutar memori. Sebagian besar wisatawan lokal dan mancanegara terpikat oleh wisata budaya yang kental terasa. Namun, dari sekian banyak destinasi yang ada, ternyata Jogja juga mempunyai destinasi wisata yang mampu memacu adrenalin. Wisata adventure ini ada yang sudah banyak dikenal, namun ada pula yang masih baru atau belum banyak dikenal. Kamu ingin memacu keberanianmu dengan wisata petualangan yang ada di sekitaran Jogja? Simak rekomendasi wisata adventure Jogja berikut ini

  1. Gua Jomblang

courtesy of telusurindonesia.com

Gua Jomblang adalah salah satu objek wisata adventure yang sudah dikenal banyak, karena keindahan alamnya dan sensasi petualangan yang dihadirkan. Tak heran jika salah satu produsen rokok sampai menjadikan objek wisata ini sebagai setting salah satu iklannya. Gua Jomblang juga telah ditetapkan UNESCO sebagai anggota Global Geopark Network pada tahun 2015. Untuk memasuki gua ini, dapat dilakukan dengan rapelling, atau bergelantungan dengan harness hingga puluhan meter. Dijamin, kamu akan merasa ngeri-ngeri sedap ketika memasuki gua ini. Semua kengerian tadi akan terbayar ketika kamu sudah mencapai luweng grubung dan menyaksikan sinar mentari memasuki dasar gua.

  1. Sandboarding Parangkusumo

courtesy of eksotisjogja.com

Sandboarding atau berselancar di atas pasir bisa dibilang aktivitas yang tak mudah ditemui, karena hanya ada beberapa tempat di dunia ini yang layak dijadikan spot sandboarding. Kamu tak perlu jauh-jauh ke Ica di Peru, Monte Kaolino di Jerman, atau Swakopmund di Namibia. Cukup ke Parangkusumo, Bantul. Gumuk pasir ini terbilang langka, karena gumuk pasir ini bertipe barchan namun berada di iklim tropis basah. Di sini kamu bisa berselancar dengan beberapa pilihan trek, dari pemula sampai advance.

  1. Lava Tour Merapi

Menyusuri bebatuan vulkanik dengan hawa sejuk, menikmati indahnya pepohonan dan panorama merapi, sekaligus memacu adrenalin ketika medan off-road menyambut di depan. Lava Tour Merapi menyajikan petualangan sekaligus menyajikan pemandangan yang indah. Ada banyak komunitas off road merapi yang menyediakan tur dengan berbagai pilihan rute. Peserta tour juga akan diajak berkunjung ke spot-spot yang menjadi daya tarik di kawasan Merapi, antara lain Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, juga Bunker Kaliadem. Tersedia juga pilihan tur sunrise bagi yang ingin menikmati panorama matahari terbit.

  1. Paralayang Bukit Parangendog

courtesy of beritadaerah.co.id

Parangendog adalah satu-satunya tempat di Jogja yang layak digunakan untuk aktivitas aerosport paralayang. Dari bukit ini, kamu bisa mencoba terbang tandem menggunakan paralayang ataupun gantole. Kamu bisa menikmati terbang sambil memandangi panorama laut selatan dan hijaunya daratan. Namun, kegiatan ini tidak bisa selalu dilakukan, terutama ketika cuaca sedang tidak mendukung. Waktu yang paling ideal untuk terbang adalah sekitar Desember – Maret ketika angin barat sedang berhembus.

  1. Cliff Swing Nglanggeran

Pecinta petualangan juga wajib mencoba kegiatan yang satu ini. Bergelantungan menyeberang tebing yang menjulang tinggi di Nglanggeran. Selain treking, kegiatan ini juga ada di area Gunung Api Purba Nglanggeran. Kamu akan ditantang untuk menyeberang dua bukit di atas gunung purba yang memiliki ketinggian sekitar 700 meter ini. Selain cliff swing, terdapat juga flying fox yang tak kalah menantang keberanianmu.

  1. Adventure Jeep Nglinggo

Jika lava tour menyajikan petualangan menyusur bebatuan, di Nglinggo kamu akan disuguhkan dengan petualangan menyusur hutan dengan jalan tanah bahkan lumpur. Serunya, petualangan ini juga bisa dinikmati keluarga, karena pengelola menyediakan paket family tour. Jika family tour dirasa kurang memacu adrenalin, maka kamu bisa memiih paket adventurer dengan medan yang lebih menantang. Perjalanan dimulai dari Desa Wisata Nglinggo dengan tujuan akhir Puncak Suralaya. Perjalanan pergi-pulang kurang lebih 2 jam. Kamu juga bisa berhenti di spot-spot tertentu untuk mengabadikan petualanganmu. Jangan khawatir, jurumudi jeep sudah berpengalaman dan mengutamakan keselamatan penumpang.

  1. Treking Gunung Api Purba Nglanggeran

Jika tadi kita membahas cliff swing di Nglanggeran, maka ada kegiatan yang tak kalah seru di sini, yaitu treking, mendaki gunung yang 60 juta tahun yang lalu merupakan gunung api aktif ini. Kamu akan menemui banyak tempat yang memukau dan tak terbayangkan sebelumnya. Apalagi terdapat sebuah celah sempit yang menjadi jalur utama treking. Kalau kamu memiliki bakat claustrophobia dijamin jantungmu makin berdebar kencang ketika melaluinya. Tak perlu ragu jika belum memiliki pengalaman mendaki gunung sebelumnya, karena kegiatan treking di sini masih ramah untuk pemula. Setelah lelah mendaki, kamu akan terpesona dengan pemandangan Jogja dari puncak gunung. Kamu juga bisa mengadakan camping di sini, menatap indahnya langit malam dan panorama malam jogja, lalu menantikan matahari terbit dari ufuk timur.

  1. Pantai Jogan

Pantai ini termasuk pantai yang unik, karena muara sungai yang terdapat di pantai ini berupa air terjun. Ya, air terjun setinggi 8 meter yang airnya langsung mengucur ke pantai. Ada beberapa kegiatan adventure yang diadakan di sini, antara lain tyrolean dan canyoning. Tyrolean adalah menyeberang tebing dengan tali. Selagi menyeberang tebing, kamu akan disambut debur ombak dan air laut tepat di bawahmu. Sementara canyoning adalah menuruni air terjun dengan metode rapling. Dua-duanya mampu menguji nyalimu!

  1. Desa Wisata Jelok

Desa ini dahulu merupakan desa yang terisolasi. Namun, sejak dibangunnya jembatan baru, kehidupan masyarakat sekitar makin berkembang dan kini dijadikan desa wisata. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di desa ini, salah satunya adalah river tubing. Kamu bisa mencoba menyusur Sungai Oya. Tak hanya dengan ban dalam, kamu juga bisa mengayuh kano menyusuri sungai terbesar di Gunungkidul ini. Selain berbasah-basahan di sungai, kamu bisa juga menyewa ATV, motor trail, susur gua, flying fox, dan mencoba kegiatan outbond lainnya.

  1. Karst Tubing Sedayu

Jika di Gunungkidul kamu bisa menyusuri sungai menggunakan ban di Sungai Oya, di Bantul kamu juga bisa berpetualang menyusuri sungai, tepatnya di daerah Sedayu. Bedanya, di sini kamu akan mengarungi sungai yang lebih sempit, namun di kiri dan kanannya terdapat tebing karst menjulang. Walaupun terbilang sungai kecil, namun kegiatan susur sungai di sini tak kalah seru. Kamu bisa mencoba terjun dari tepi tebing langsung ke sungai. Di beberapa titik juga terdapat jeram kecil yang mampu memacu detak jantungmu. Jika kamu ingin mencoba karst tubing di sini, tetap perhatikan arahan pemandu demi keselamatan diri.

  1. Goa Tanding

Baru sebagian kecil wisatawan yang mengetahui keberadaan “adik” Gua Pindul ini. Gua Tanding berdekatan dengan Gua Pindul, dan sejatinya mereka terhubung oleh aliran sungai bawah tanah. Di sini kamu bisa merasakan sensasi menyusuri gelapnya gua yang juga menjadi sungai bawah tanah. Bedanya, di sini kamu akan menyusuri gua menggunakan perahu karet, alias rafting. Perjalanan dilakukan secara bolak-balik, karena ujung Gua Tanding yang terhubung dengan Pindul tidak dapat dilalui; berupa lorong sempit dengan arus yang deras, sehingga hanya dapat dilalui oleh penyelam profesional dan terlalu berbahaya untuk orang biasa. Ketika sampai di ujung, kamu akan diajak untuk merenung dalam kegelapan, sehingga kamu bisa merasa makin dekat dengan alam.

  1. Bukit Bego Imogiri

Tempat ini bukan bermaksud hendak meledek. Sebutan bego di sini maksudnya adalah backhoe, alat untuk mengeruk batu atau tanah. Dulu tempat ini semacam pertambangan, namun kini sudah tak digunakan lagi sebagai tambang. Setelah tak digunakan sebagai tambang, tempat ini banyak dikunjungi orang-orang yang ingin menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Di bukit ini juga terdapat wisata adventure trail. Mau coba rasanya berpetualang menggunakan motor trail? Langsung saja ke sini.

  1. Pantai Siung

Di salah satu pantai eksotis di Gunungkidul ini, kamu bisa mencoba memanjat tebing. Terdapat banyak pilihan jalur pendakian yang seru dan sayang untuk tak dicoba. Bahkan tempat ini pernah menjadi tuan rumah dalam ajang Asian Climbing Gathering. Kamu juga bisa bermalam dengan tenda di sini, dengan syarat tidak merusak lingkungan dan mengganggu habitat penyu.

  1. Kalisuci

courtesy of suratuntukfrodo.blogspot.com

Kabupaten Gunungkidul memiliki berbagai macam gua dengan berbagai pesonanya. Di Kalisuci, kamu bisa menyusuri gua menggunakan ban, atau biasa disebut cave tubing, seperti yang sudah banyak dikenal di Gua Pindul. Air sungai di sini masih jernih walaupun musim hujan, karena itu dinamakan Kalisuci. Kamu akan diajak menyusuri tiga gua sempit yang memiliki langit-langit tinggi. Sembari menyusuri gua, kamu bisa juga free diving di titik tertentu.

  1. Jeep Off Road Goa Cemara

Di pantai yang memiliki pesona pepohonan cemara yang rimbun ini, terdapat juga petualangan menyusuri pantai menggunakan mobil off road. Pihak pengelola menyediakan berbagai pilihan rute untuk kamu nikmati. Selama perjalanan kamu akan menembus hutan, menyusuri pantai, dan yang tak kalah seru kamu juga bisa menikmati off road di malam hari.

Baca Berita Lainnya:  Mbah Pujo dan Gudeg Lezatnya

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata adventure untuk kamu pecandu petualangan. Tak ada salahnya mengajak teman-teman atau keluarga untuk berpetualang bersama agar terasa lebih seru. Kamu punya rekomendasi tempat wisata adventure di Jogja lainnya? Jangan lupa sampaikan di kolom komentar ya!

No Comments

Leave a Reply