Nasi Rawon yang Menghangatkan Suasana

Nasi Rawon yang Menghangatkan Suasana

Rizky
no comments. 69

Hujan Mengguyur kota Malang seharian penuh. Tuhan seakan ingin mengurung umatnya agar tidak berpegian kemana-mana dan duduk menyebut asmanya. Hujan ini terlalu lebat untuk diterjang atau dilalui begitu saja, di tambah dengan petir yang menyambar kesana-kemari membuat siapa pun orang enggan untuk menembusnya.

Kecuali, Aku dan Raisa yang masih saja berada ditengah-tengah hujan yang semakin lebat dengan angin yang begitu kencang. Kita berdua memang sengaja ingin sampai di rumah tepat waktu, rasa lelah karena rutinitas pekerjaan membuat kami tak peduli akan hujan. Kami pun menerjang banjir yang cukup tinggi, sehingga motor tua yang selalu ku sayangi ini ngambek juga.

Mungkin, aku yang kurang peka karena terlalu memaksa dirinya untuk terus menembus batas kemampuan. Atau mungkin juga, ini adalah takdir karena rasa lapar yang menghinggap sejak pulang dari kantor hingga saat ini. Aku pun sedikit kesal dan menendang ban belakang motorku.

“Sudahlah, mungkin lebih baik kita cari warung untuk berteduh terlebih dahulu!” Kata Raisa yang mencoba menjinakkan amarahku.

Sumber : warungokky.com

Sumber : warungokky.com

Kami berdua pun mencoba untuk berjalan mencari sebuah warung yang mungkin bisa kami singgahi, sembari menunggu hujan dan menunggu mood motor ini membaik. Rasa lapar tengah menyerang kami dan semakin tak tertahankan dengan udara dingin yang mulai menyerang.

“Itu, di sana ada yang jual nasi Rawon, pasti enak dingin-dingin seperti ini makan nasi Rawon,” lanjutnya lagi sembari tersenyum dengan setulus hati.

Aku pun menurut dan berjalan perlahan menuju ke sebuah warung yang masih sepi itu. Menu spesial di tempat itu adalah Nasi Rawon. Aku sangat menyukai Nasi Rawon, teringat di masa kecil aku selalu meminta untuk makan Nasi Rawon saat berkunjung ke Malang.

Nasi Rawon adalah masakan khas Indonesia lebih tepatnya masakan khas Jawa Timur. Nasi Rawon pada umumnya menggunakan daging sapi yang di potong kecil-kecil.. Bumbunya pun sangat khas yaitu bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, Lombok, kluwek, garam, dan minyak. Semua bumbu ini dihaluskan kemudian, dicampur dengan kaldu daging yang memunculkan aroma menggoda nan seksi untuk sebuah makanan.

Kuah Nasi Rawon selalu berwarna hitam. Kuah yang khas itu disebabkan oleh kluwek. Kluwek sendiri adalah bumbu dapur yang ternyata mematikan. Kluwek ini berasal dari pohon kluwek yang tinggi pohonnya kurang lebih 40 meter.

Cek Kabar: Karstubing Sedayu: The River Of Adventure

Buah dalam biji Kluwek lah yang digunakan dalam membuat kuah rawon yang khas tersebut. Buah ini berwarna hitam. Buah ini mengandung racun yang mematikan jika dikonsumsi secara mentah. Buah ini mengandung asam sianida yang berkonsentrasi tinggi, seperti halnya kopi sianida yang sempat booming ke pasaran beberapa tahun yang lalu. Sebelum dijadikan bumbu dapur, alangkah sebaiknya jika buah ini direbus dengan air mendidih untuk menghilangkan kadar asamnya.

Sumber : id-blog.zenrooms.com

Sumber : id-blog.zenrooms.com

“Rawonnya enak banget,” kataku yang lupa jika beberapa saat tadi aku sempat marah-marah.

Nasi Rawon biasanya akan disuguhkan dengan tauge kecil, Telur asin dan tidak lupa dengan sambal yang menjadi ciri masakan Jawa Timur yang memang dikenal dengan makanan pedasnya. Mungkin juga sesuai dengan karakter penduduknya yang terkenal dengan pedasnya.

Nasi Rawon, kuliner khas Indonesia yang sangat cocok disantap dengan nasi atau tidak dengan nasi. Disaat musim dingin untuk menghangatkan badan, dengan aroma dan cita rasa khas Indonesia, yang wajib menjadi salah satu menu pilihan utama saat berada di Jawa Timur, khususnya kota Malang.

 

No Comments

Leave a Reply