Menikmati Alam Kulonprogo di 10 Tempat Wisata Ini

Menikmati Alam Kulonprogo di 10 Tempat Wisata Ini

woi.id
no comments. 950

Kulonprogo, salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki potensi wisata alam yang sangat  kaya dimana 70 persennya adalah kawasan pegunungan. Kulonprogo juga memiliki kekayaan wista alam lain selain pegunungan seperti pantai, waduk, dan air terjun.

Bagi Anda yang  berlibur ke Kota Jogja dan sekitarnya terutama di wilayah Kulonprogo pastikan bahwa anda tidak melewatkan tempat-tempat wisata alam ini. Wisata alam yang akan mengajak anda untuk menikmati asrinya alam Kulonprogo dan berikut wisata-wisata alam tersebut.

 

1  Pantai Glagah

Sumber foto dari google

Lokasi pantai ini adalah sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta atau jika dari Kota Wates jaraknya 15 km.Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia yang terdapat di Kulonprogo. Pantai Glagah ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun lokal terutama saat musim liburan tiba.

 2  Pantai Trisik

Sumber foto dari google

Pantai Trisik di Kulonprogo merupakan pantai yang terkenal dengan pemandangan alamnya berupa hamparan pantai yang luas dengan pasirnya berwarna hitam. Pantai Trisik ini dibatasi oleh muara Sungai Progo, salah satu sungai besar yang ada di Yogyakarta.

Baca Berita Lainnya:  Pallubasa yang lebih menggoda

 

Waduk Sermo

Sumber foto dari google

Waduk Sermo merupakan salah satu wisata kebanggaan warga Kulonprogo Yogyakarta. Waduk Sermo Kulonprogo berada di atas sebuah perbukitan yang berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo Yogyakarta. Waduk ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah serta udara yang sejuk sehingga sangat menarik wisatawan untuk datang mengunjunginya.

 

 Air Terjun Grojogan Sewu

Sumber foto dari google

Bukan hanya di karanganyar Jawa Tengah, Air Terjun Grojogan Sewu ternyata terdapat juga di Kulonprogo. Air Terjun Grojogan Sewu di Kulonprogo terdapat di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta. Wisata Air Terjun Grojogan Sewu di Kulonprogo ini dapat di kategorikan masih sepi pengunjung, karena memang baru dikembangkan secara serius sebagai obyek wisata sekitar tahun 2013.

 

Puncak Suroloyo

Sumber foto dari google

Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yang terdapat di Kulonprogo Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah serta adanya beberapa tempat pertapaan yang bersejarah. Dari Puncak Suroloyo ini anda dapat melihat Candi Borobudur dari atas bukit.

Baca Berita Lainnya:  Gerobak Sapi Sang Affandi

 

Hutan Wisata Kalibiru

Dibuka sekitar tahun 2008 dan konon katanya awalnya dibuka secara swadaya oleh penduduk desa setempat dan kemudian menjadi tempat wisata unggulan Kulonprogo selanjutnya adalah Hutan Wisata Kalibiru. Hutan Wisata Kalibiru merupakan sebuah wisata alam yang terdapat di Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulonprogo. Pemandangan yang paling menarik tentunya di salah satu tempat dimana kita dapat melihat Waduk Sermo dari kejauhan. Di Wisata alam Kalibiru ini pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah atau melakukan beberapa aktivitas outbound yang menyenangkan.

 

Kebun Teh Nglinggo

Sumber foto dari google

Bukan hanya kota Bogor saja yang memiliki kebun teh, ternyata Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta juga terdapat kebun teh dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Kebun teh di Kulonprogo ini bernama kebun teh Nglinggo. Kebun teh ini terdapat di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Hamparan perkebunan teh yang berwarna hijau yang indah banyak dinikmati wisatawan saat liburan.

Baca Berita Lainnya:  Libur Idul Adha, Objek Wisata Kalibiru Diserbu Pengunjung

 

Air Terjun Sidoharjo

Sumber foto dari google

Air terjun Sidoharjo terletak di Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 m, cukup lumayan bukan? Adanya bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar air terjun akan menambah keelokan alam Air terjun Sidoharjo ini. Air terjun Sidoharjo merupakan salah satu wisata alam di Kulonprogo yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi para wisatawan.

 

Arung Jeram Sungai Progo

Sumber foto dari google

Berjarak 17 kilometer dari kota Jogja dan dapat dilalui dengan kendaraan selama 25 menit menuju Base Camp. Bagi Anda yang suka tantangan, Arung Jeram Sungai Progo ini merupakan salah satu tempat favorit bagi wisatawan maupun penggiat arung jeram di Indonesia. Karakter aliran air serta bentukan jeramnya khas.

 

10  Gunung Lanang

Sumber foto dari google

Gunung Lanang terletak di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Menyaksikan landscape Kota Wates dan indahnya beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Merbabu dengan cukup jelas. Jika pada pagi pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit. Begitu pula jika ke sini ketika sore hari.

No Comments

Leave a Reply