Mahakarya Syailendra, Borobudur yang Megah

Mahakarya Syailendra, Borobudur yang Megah

woi.id
no comments. 641

Siapa yang tak kenal dengan candi Budha terbesar di dunia yang ada di Indonesia? Hampir semua orang pasti tahu perihal candi yang ukurannya hampir menyamai sebuah bukit itu. Dialah Borobudur! Candi Budha terbesar yang ada di muka bumi. Tidak ada satu pun orang yang menyangkal keberadaan bangunan raksasa tersebut. Nah, kamu pasti sering mendengar tentang nama Borobudur kan? Apalagi jika kamu berkunjung ke Jogja, maka Borobudur pasti menjadi salah satu dari tujuanmu kan? Borobudur memang sudah menjadi agenda wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Baik itu wisatawan dari Indonesia atau pun wisatawan dari manca negara.

Borobudur2

sumber google

Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu nama Borobudur tapi tak tahu bagaimana candi raksasa ini bisa ada sampai sekarang. Jadi, jika kamu berjalan-jalan ke area Borobudur, kamu bisa masuk ke salah satu museum yang ada di areal candi dan membaca sejarah Borobudur. Singkat cerita, Borobudur itu dibangun pada masak 800an masehi oleh wangsa Syailendra. Nah, menurut beberapa arkeolog, pembangunan candi ini membutuhkan waktu lebih dari setengah abad. Setelah bangunan candi ini terbangun, candi Borobudur ini digunakan untuk beribadah kaum Budha. Nah, setelah kerajaan yang mendirikan candi ini runtuh dan para pengikut Hindu semakin bertambah, candi agung ini pun ditinggalkan dan baru ditemukan lagi sekitar seribu tahun kemudian oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang menjadi gubernur Jawa untuk pemerintahan penjajahan Inggris waktu itu. Nah, dari situlah, kemudian candi ini terus mengalami pemugaran sampai pada kondisinya saat ini yang bisa kamu datangi kapan pun kamu mau.

Baca Berita Lainnya:  Ada Ranu Kumbolo Tersembunyi di Kulon Progo

Soal sejarahnya, secara singkat udah kita bahas. Sekarang soal nilai destinasinya. Nggak perlu ragu lagi soal berapa pentingnya mengunjungi Borobudur. Kamu nggak ke Jogja kalau nggak ke Borobudur! Di candi ini kamu bisa menyaksikan stupa-stupa yang luar biasa yang masing-masing menggambarkan susunan alam menurut kosmologi Budha. Selain itu, kamu juga bisa melihat relief yang terhampar di sepanjang dinding candi Borobudur ini. Ketika kamu berkunjung disini, dipastikan kamu akan mengarungi pengalaman liburan yang luar biasa.

Borobudur1

sumber google

Selain pemandangan dari candi itu sendiri, kamu juga bisa melihat pemandangan alam yang ada di sekitar candi. Pemandangan alamnya pun tak kalah keren dibanding tempat yang lain. Apalagi jika kamu datang diwaktu yang tepat, seperti ketika matahari terbit atau tenggelam. Maka kamu bisa menyaksikan matahari tenggelam yang sangat indah ditemani oleh beberapa patung budha yang luar biasa indahnya. Jadi, guys, jangan nggak datang ke Borobudur ya! Happy Traveling!

Borobudur3

sumber google

No Comments

Leave a Reply