Luweng Sampang, Pahatan Alam Mahakarya Tuhan

Luweng Sampang, Pahatan Alam Mahakarya Tuhan

woi.id
no comments. 623

Gunungkidul seolah tak pernah berhenti memamerkan eksotisme alamnya. Satu persatu mutiara alam Gunungkidul mulai menampakkan daya tariknya. Luweng Sampang, air terjun yang memiliki ornamen unik hasil pengikisan air yang terlihat jelas di badan sungai yang berupa batu. Pengikisan yang menghasilkan mahakarya alam ini diperkirakan terjadi dalam waktu yang sangat lama. Air terjun kecil mengalir dari celah yang membelah batu sehingga membentuk semacam gua.
Air terjun ini berada di antara Desa Jogoprayan Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah dengan Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunungkidul. Asal usul nama luweng sampang sendiri diambil dari istilah ‘Luweng’ yang berarti lubang, dan ‘Sampang’ yang menjadi nama Desa setempat, yaitu Desa Sampang.
luwens-sampang

Sumber foto google

Air terjun Luweng Sampang hanya mempunyai ketinggian sekitar lima meter, namun daya tarik air terjun ini ada pada kedua sisinya yang berupa dinding batu yang terlihat seperti pahatan yang bernilai seni tinggi dan akan semakin terlihat eksotis saat berpadu dengan cahaya. Saat musim penghujan, air terjun Luweng Sampang ini akan terlihat semakin indah, karena debit air yang besar akan semakin memperlihatkan sisi keindahannya.

Baca Berita Lainnya:  Pesisir Berpasir Lembut Itu Bernama Pantai Nguyahan
Di saat musim panas, pancaran sinar matahari yang menerobos masuk melewati celah batu akan membentuk pancaran sinar matahari cantik di tengah remang-remangnya lorong. Air terjun Luweng Sampang ini juga disebut-sebut mirip dengan Antelope Canyon di Arizona Amerika Serikat.

No Comments

Leave a Reply