Liburan Seru Saat Puasa

Liburan Seru Saat Puasa

woi.id
no comments. 678

Bulan suci ramadhan kembali hadir, bulan yang dirindukan muslimin dan muslimat yang penuh rahmat dan ampunan. Sebulan penuh menahan hawa nafsu memang berat, namun bukan jadi halangan untuk traveler beribadah sekaligus mendalami agama Islam di momen yang bagus ini. Namanya traveler pasti ga bakal bisa diam ga ke mana-mana. Nah, mumpung ramadhan, kamu bisa traveling sekaligus memperbanyak pahala di bulan suci ini. Caranya? Simak nih!

 

  • Mengunjungi masjid

credit: rifkihidayat_

credit: rifkihidayat_

Banyak masjid di Indonesia yang menyimpan pesona keindahannya. Misalnya ada Masjid Istiqlal di Jakarta yang ga perlu dijelasin lagi istimewanya. Lalu ada Masjid Dian Al Mahri atau lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas di Depok, Jawa Barat. Di Surabaya, ada Masjid Cheng Ho yang didominasi ornamen Tiongkok, tak lain karena menghormati Laksamana Cheng Ho yang turut menyebarluaskan Islam di nusantara. Ada pula Masjid Menara Kudus yang unik, karena memiliki desain bangunan bergaya Hindu, karena Sunan Kudus yang memrakarsai masjid ini menghormati penduduk Majapahit di Kudus yang kala itu mayoritas memeluk agama Hindu. Masih banyak lagi masjid yang megah dan unik. Selain kamu bisa refreshing, jangan lewatkan untuk beribadah di masjid-masjid ini. Lumayan kan, kamu bisa traveling tanpa meninggalkan ibadah.

Baca Berita Lainnya:  Little Venice di Bogor! Nggak Percaya?

 

  • Berkunjung ke perpustakaan

credit: rusmeenkhan

credit: rusmeenkhan

Belum pernah ke perpustakaan? Kamu rugi! Banyak perpustakaan di Indonesia yang unik, menarik, dan juga menyimpan berbagai koleksi buku yang asik. Cobalah sekali-sekali berkunjung ke perpustakaan yang unik, misalnya Perpustakaan Universitas Malahayati di Lampung yang memiliki miniatur rumah adat seluruh Indonesia. Di Makam Bung Karno di Blitar memiliki perpustakaan juga, kamu bisa belajar sejarah perjuangan Indonesia di sini. Di beberapa masjid juga menyediakan perpustakaan dengan berbagai buku ilmu agama Islam. Dengan menimba ilmu, ibadah kamu tentu bakal makin berfaedah.

Baca Juga:

Tips Menikmati Pantai Selatan Dengan Aman

Baca Juga:

5 Tempat Yang Nggak Kalah Keren Dari Bali

 

  • Main ke museum

credit: etawoery

credit: etawoery

Kalau sedang ga mood baca, kamu bisa menimba ilmu dengan main ke museum. Sekalian menimba ilmu tentang Islam, mainlah ke Bayt Al Quran yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini menyimpan beragam koleksi mushaf Al Quran seperti mushaf istiqlal, mushaf sunda, serta mushaf wonosobo yang berukuran besar. Wahana Wisata Bahari Lamongan juga memiliki Islamic Art Museum, yang memiliki koleksi sejarah Islam dari berbagai negara, dan istimewanya lagi memiliki teater yang memutarkan film pendek tentang sejarah islam dunia. Museum ini memanfaatkan teknologi augmented reality untuk menyampaikan info lengkap koleksinya lho.

Baca Berita Lainnya:  Pilihan Wisata Adventure di Jogja yang Akan Memacu Adrenalin

 

  • Umroh

Kalau kamu punya rejeki lebih, tak ada salahnya untuk beribadah umroh ke tanah suci. Memang biaya umroh tak sedikit, namun kalau kamu punya rejeki lebih, tak ada salahnya berlibur sekalian beribadah. Banyak yang bilang suasana ramadhan di tanah suci memiliki suasana tersendiri dan memberikan atmosfer berbeda saat menjalankan ibadah puasa di sana. Beberapa biro wisata juga menyajikan paket umroh saat Lailatul Qadar dan I’tikaf di Masjidil Haram. Kalau kamu memang berniat untuk umroh di saat ramadhan, mulai menabung dari sekarang.

 

 

  • Ngabuburit

Udah bukan hal asing lagi sembari menunggu waktu berbuka sambil nongkrong, atau biasa disebut ngabuburit. Di beberapa tempat bahkan disediakan spot khusus untuk para pedagang dan masyarakat yang hendak berbuka sambil duduk santai menikmati suasana sore. Seru kan, sambil menunggu saat berbuka bersama teman-teman sambil santai sejenak. Kamu juga bisa ngabuburit yang berfaedah, dengan mengaji atau melakukan kegiatan sosial. Hitung-hitung sekalian menambah amal di bulan yang baik ini juga.

Baca Berita Lainnya:  Mewarisi Bengkel Andong Sang Bapak, Widi Dulunya Tak Ingin Mbengkel Andong

 

Itu tadi sedikit tips dari wonderful island untuk kamu agar puasa kamu tetap seru. Selamat menjalankan ibadah puasa, semangat terus ya!

Baca Juga:

Tips Menikmati Pantai Selatan Dengan Aman

Baca Juga:

5 Tempat Yang Nggak Kalah Keren Dari Bali

No Comments

Leave a Reply