Kepulauan Derawan, Karibia-nya Indonesia!

Kepulauan Derawan, Karibia-nya Indonesia!

woi.id
one comment. 1462

It’s been a long time no see you guys! I am come back with the new one article about this incredible Derawan! Yeah! Kali ini kita akan bahas soal Kepulauan Derawan yang menawan! Cieee… bukan Cuma cewek kamu aja yang menawan, tapi kalau kamu datang ke tempat ini, kamu akan tertawan dan hatimu akan terjebak selamanya dengan cinta yang tak lekang oleh zaman karena keindahan Derawan! Puitis abis nggak? So Romantic! But anyway, itu bener guys. Kalau suatu ketika kamu punya kesempatan dan cukup rejeki untuk datang ke Kepulauan Derawan, kamu harus dan wajib kesana. Jangan ke luar negeri dulu. Nikmati dulu kekayaan dan keindahan alam bangsa sendiri guys, right?

Kepulauan Derawan

Sumber : Google

So, Kepulauan Derawan, susah juga mau mulai dari mana untuk menulis artikel tentang tempat yang indah banget ini. Tapi bagaimana pun artikel ini harus dimulai. Tak usah basa-basi ya, kita mulai dari letak Kepulauan Derawan. Jika kamu traveller newbie, mungkin kamu belum pernah mendengar tentang pulau ini. Bahkan ketika kamu baca artikel ini adalah kali pertama kamu dengar nama Derawan. Tapi gugusan pulau yang indah ini emang ada guys! Ada dan nyata dan bisa kamu sentuh dan nikmati, nggak kayak rasa cinta gebetan yang kadang ada dan kadang tiada. It’s hurt! (Sorry bagi yang jomblo, wkwkwkwk) Okay, then we’re back to Kepulauan Derawan. Terletak di timur pulau Kalimantan, tepatnya kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Kepulauan Derawan

Sumber : Google

Untuk sampai ke pulau ini, jika kamu dari luar pulau, tentunya kamu harus ke Kaltim dlu, setelah itu kamu menuju ke kepulauan Berau yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota Kaltim. Setelah kamu sampai di Berau, kamu tinggal menuju Tanjung Batu dengan menggunakan mobil, entah sewa atau jika kamu punya kenalan di Kaltim atau Berau mintalah antar sampai ke Tanjung Batu. Setelah kamu sampai di Tanjung Batu, kamu bisa menyewa speedboat regular yang akan mengantarkanmu menuju Karibia-nya Indonesia, Kepulauan Derawan!

Baca Berita Lainnya:  Keseruan Tanpa Batas di Jogja Bay Water Park

Cukup jauh dan rumit memang rute untuk bisa sampai di Kepulauan Derawan. But you don’t have to worry about that! Karena setelah kamu sampai di Derawan, semua Lelah, penat, capek selama perjalanan akan sirna seketika saat kamu melihat keajaiban alam yang keindahannya tiada bandingannya di dunia.

Kepulauan Derawan

Sumber : Google

For your information, Kepulauan Derawan ini berada di Ekoregiun laut sulu-sulawesi yang terbentang sampai Filipina. Selain itu Kepulauan ini juga terletak di segitiga karang dunia. Sehingga ia memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia! Can you imagine that! And it’s in Indonesia! Dan lagi, ada informasi yang akan membuatmu semakin ingin datang kesana, yaitu terumbu karang yang ada di Derawan merupakan 53% populasi terumbu karang di dunia! Wow! That’s amazing! Masih nggak pengen datang ke Derawan? Okay, tunggu. Kepulaua Derawan juga menjadi Multi Countries Feeding Ground terpenting di dunia. Tau apa itu? Enggak? Pernah nonton Finding Nemo? Ingat adegan para penyu yang sedang berenang di “jalur” mereka menuju satu tempat tertentu? Nah, itu namanya feeding ground. Kepulauan Derawan adalah salah satu tempat yang memiliki banyak sekali feeding ground di dunia. That’s why they called this islands Multi Countries Feeding Ground. Got that guys? Yes! Semoga paham. Jika belum, let’s googling.

Kepulauan Derawan

Sumber : Google

Next, kita akan bahas beberapa spot yang ada di Kepulauan Derawan. Pertama, jika kamu sampai disana kamu mungkin bingung mau menginap dimana. Tapi tenang, di Derawan sudah ada banyak penginapan dan resort yang cukup nyaman untuk kamu pilih sebagai tempat menginap. Di Kepulauan yang Derawan ini ada sebuah pulau bernama pulau Sangalaki. Di pulau ini lah para tukik, atau anak penyu di lahirkan karena tempat ini merupakan pulau konservasi penyu. Memiliki luas sekitar 15.90 hektar, kamu bisa melihat tukik-tukik yang dilepaskan ke laut menuju habitat mereka yang sesungguhnya.

Kepulauan Derawan

Sumber : Google

Next, setelah Sangalaki, ada juga pulau Kakaban. Pulau ini memiliki bentuk menyerupai angka 9 dan memilik danau air payau di tengah pulau. And For your information, danau air payau yang ada di Derawan ini adalah salah satu dari dua danau air payau yang ada di dunia! Satu lagi ada di Mikronesia. Masih ragu mau liburan ke Derawan? Yakin? Okay then, selain memiliki danau air payau, di dalam danau tersebut kamu bisa berenang bersama para ubur-ubur yang tidak menyengat. Pengalaman macam apalagi yang kalian butuhkan untuk mau datang kesana?! Oh my god! Just go there guys!

Kepulauan Derawan

Sumber : Google

Lalu last but not least, ada pulau Maratua, sebuah pulau yang memiliki panorama laut yang mengagumkan. Di pulau itu kamu bisa menemui lumba-lumba, menelusuri gua, trekking di hutan, dan bahkan mendaki Gunung Putih dan menyaksikan sunset dan sunrise dari atas gunung! Is that amazing?! Masih ragu juga mau kesana?

Baca Berita Lainnya:  Jatuh Cinta Dengan Barongko

Kalian juga tanya apakah ada spot diving? Tak perlu khawatir, di sana banyak titik selam yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Barracuda Point The Drift, Cabbage Patch, Blue Light Cave, The Plateau, Rainbow Run dan lain-lain. Banyak banget deh pokoknya. Tunggu apalagi? Dari pada jauh-jauh ke Karibia, mending datang langsung ada ke Kepulauan Derawan. It’s Indonesia, Explore your Indonesia!!!

Comment (1)

Leave a Reply