Gunung Kidul Sebagai Atmosfer Para Wisatawan

Gunung Kidul Sebagai Atmosfer Para Wisatawan

yans
no comments. 807

Gunung kidul Yogyakarta memang memiliki keunikan dan daya pikat tersendiri bagi para wisatawan. Ini karena Gunung kidul memiliki beberapa landmark dan juga destinasi yang indah. Selain pantai, di sana juga ada beberapa air terjun, goa dan beberapa keindahan yang alam yang masih tersembunyi serta belum banyak di gali.

Kabupaten Gunung Kidul berbatasan dengan kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, Samudara Hindia di selatan, serta kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat. Kabupaten Gunung Kidul memiliki 18 kecamatan dan 144 desa.

Terbilang unik karena sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yang membentang hingga ke arah selatan Pulau Jawa, serta terbagi ke dalam tiga topografi wilayah yang ditujukan sebagai zona pengembangan daerah oleh pemerintah lokal.

Yakni bagian dari Pegunungan Sewu. Gunung kidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering pula mengalami kekeringan di musim kemarau, namun menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata,kuliner,maupun budaya.

Baca Berita Lainnya:  7 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Beli!

Zona Selatan di Gunungkidul didominasi oleh bukit kapur yang berbentuk mengerucut dengan ketinggian hingga 300 m dpl. Di zona inilah Anda dapat menjumpai beberapa pantai terkenal di Gunungkidul Jogja. Sementara pada Zona Tengah, Anda dapat menemukan air terjun yang menarik serta sejumlah objek wisata budaya.

Daerah yang berada pada zona ini berada pada ketinggian antara 150 – 200 m dpl. Dan terakhir, Zona Utara yang berada pada ketinggian antara 200 – 700 m dpl. Di zona ini, Anda dapat menjumpai beberapa goa menarik yang populer di kalangan penikmat perjalanan dan petualangan.

Sepanjang tahun 2014, potensi wisata Gunungkidul di Jogjakarta mampu menyedot kunjungan wisatawan, baik domestik dan mancanegara hingga mencapai 1,9 juta wisatawan dan memberi kontribusi yang positif terhadap Pendapatan Asli Daerah mencapai hingga Rp 15 miliar.

Baca Berita Lainnya:  Goa Tanding yang Tak Tertandingi

Ada sejumlah objek wisata Gunungkidul di Jogja yang menarik dan patut Anda kunjungi, baik itu wisata alam hingga pesona pantainya yang memikat.

1. Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Sawal)

Inilah salah satu pantai indah di Gunungkidul Jogja dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai Indrayanti, yang oleh pemerintah lokal dinamakan sebagai Pantai Pulang Sawal, adalah sebuah destinasi wisata Gunungkidul yang populer di kalangan wistawan.

Selain terkenal karena panorama alamnya yang membentang indah, pantai ini juga bersih, karena dikelola dengan baik.

IMG_4318_e_upl

Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Salah satu tempat wisata di Jogja ini menyuguhkan Anda panorama laut yang indah dengan dukungan infrastruktur wisata yang memadai. Inilah salah satu objek wisata di Gunungkidul yang sarat akan sentuhan modern, menjadi salah satu pantai romantis di Jogja yang disukai.

Baca Berita Lainnya:  Tujuh Tempat Makan Terbaik di Jogja

2. Gunung Api Nglanggeran

Embung Nglanggeran selain berdekatan dengan objek wisata Gunung Api Purba yang menawarkan pemandangan lebih tinggi tersebut tidak kalah cantik untuk berburu sunset dari tetangganya.

IMG-20160525-WA0008

Gunung Api Nglanggeran Gunung Kidul

Dulunya di daerah Nglanggeran ini hanya sebuah perbukitan, namun berkat peran dari pemerintah dan masyarakat sekitar bukit tersebut disulap menjadi sebuah embung yang berada tepat di atas bukit.

3. Telaga Biru Yang Begitu Mempesona

Kabupaten Gunungkidul banyak dikenal karena objek wisatanya, hampir dari seluruh mata angin di Gunungkidul menyimpan pesona alam yang sangat mempesona. Salah satunya adalah di Telaga Biru bekas Tambang Batu Kapur yang berada di Desan Ngentak.

Batu Kapur1

Sumber: instagram.com/xxsantigd

Alamat telaga biru :  Desan Ngentak, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

No Comments

Leave a Reply