Goa Cerme Yang Konon Katanya Mistis

Goa Cerme Yang Konon Katanya Mistis

Indonesia Jernih
no comments. 628

Tak hanya Malioboro saja, namun masih banyak destinasi yang menarik di sana, seperti salah satunya adalah Goa Cerme. Konon, gua yang tak hanya menyuguhkan keindahan alam, tetapi juga sejarah  serta punya kekuatan mistis!

Terletak di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Gua cermai ini dulunya, menjadi tempat pertemuan Walisongo yang membahas dakwah Islam dan membahas pendirian Masjid Demak. Goa Cerme terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Kota Yogyakarta.

Goa Cerme tidak hanya menawarkan keindahan alam stalagtit dan stalagmit dan adanya sungai bawah tanah. Tetapi, gua yang memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga ke Kabupaten Gunungkidul ini, juga menawarkan kekuatan mistis. Karena gua ini, sampai sekarang juga masih digunakan untuk ritual bertapa.

Baca Berita Lainnya:  Pantai Goa Cemara, Tempat Penyu Mempertaruhkan Generasinya

“Yang datang kebanyakan pelajar, mahasiswa, kemudian wisatawan asing. Untuk yang ritual juga banyak, kebanyakan dari luar daerah Yogya, ada yang menginap.

Goa Cerme sendiri berasal dari kata ceramah yang digunakan Walisongo untuk berdakwa. Di sekitar Goa Cerme ini terdapat beberapa gua yang ukuranya lebih kecil.

Retiribusi untuk masuk kawasan gua ini sebesar Rp 3 ribu termasuk asuransi sebesar Rp 250. Sementara untuk jasa pemandu yang dikelola oleh warga sekitar sebesar Rp 50 ribu untuk rombongan di bawah 15 orang. Untuk 15 orang ke atas, per orang sebesar Rp 4 ribu.

No Comments

Leave a Reply