Di Balik Keindahan Gunung Lanang Kulon Progo

Di Balik Keindahan Gunung Lanang Kulon Progo

woi.id
no comments. 774

Kawasan Puncak Gunung Lanang terletak di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Meskipun orang menyebutnya gunung, tetapi sebenarnya Gunung Lanang adalah sebuah perbukitan yang ada di gugusan perbukitan menoreh.

Dari atas puncak Gunung, pengunjung bisa menyaksikan landscape kota Wates serta indahnya Gunung Merapi dan Merbabu cukup jelas jika cuaca sedang cerah. Semua rasa lelah akan terbayar dengan pesona alam di Puncak Gunung Lanang. Lokasi ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk menyaksikan keindahan terbit dan terbenamnya matahari.

Kawasan Puncak Gunung Lanang dikenal sebagai tempat bertapa bagi Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Gua pertapaan Kyai Lanang sendiri ada di dekat puncak, sementara lokasi ritual Nyi Rantam Sari ada di bawahnya. Hingga saat ini goa pertapaan tersebut masih digunakan oleh masyarakat sekitar sini untuk bertapa. Konon mitosnya barang siapa bertapa di dalam Goa tersebut dengan membawa Gula Jawa (Gula Merah) dan gula tersebut dapat menyala jika dibakar oleh orang yang bertapa hanya dengan korek api, konon orang tersebut akan memperoleh kesaktian dari hasil bertapanya.

Baca Berita Lainnya:  Pok Tunggal, Surga Di Balik Barisan Tebing Karang Raksasa

No Comments

Leave a Reply