Ayam Lodho, Kuliner Tradisional yang Menyehatkan

Ayam Lodho, Kuliner Tradisional yang Menyehatkan

woi.id
no comments. 1048

Apakah dari anda pernah mendengar nama Ayam Lodho? Ayam Lodho merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang berasal dari Trenggalek. Kuliner yang satu ini cukup populer di tempatnya berasal. Sementara untuk daerah lain, mungkin masih jarang. Untuk Jogja saja baru ada beberapa tempat yang menjual kuliner yang satu ini.

Ayam Lodho adalah kuliner yang berasal dari olahan daging ayam yang dibuat dengan berbagai macam rempah pilihan dan juga santan. Beberapa orang yang pertama kali melihatnya mengira bahwa Ayam Lodho mirip dengan Opor Ayam. Tapi sesungguhnya kedua kuliner tersebut benar-benar berbeda. Ayam Lodho memiliki kuah berwarna kuning kemerahan yang berasal dari kunyit dan cabai merah. Beberapa bahan yang dipakai di olahan kuliner Ayam Lodho ini antarai lain ada cabai, merica dan pala yang memberikan sensasi pedas pada makanan ini. Selain itu perbedaan yang paling mencolok Ayam Lodho dengan Opor ayam adalah daging ayam harus dipanggang terlebih dahulu sebelum direbus bersama dengan kuah. Paduan antara kuah dan juga racikan bumbu tersebut yang menghasilkan olahan Ayam Lodho dengan citarasa yang khas.

Source: google.co.id

Source: google.co.id

Jika anda bertanya, apakah makanan ini cukup bergizi dan baik untuk tubuh? Atau malah berbahaya bagi tubuh? Satu hal yang pasti, setiap kuliner di Indonesia pastinya memiliki khasiat kesehatannya sendiri-sendiri. Dengan catatan harus dimakan dengan porsi yang tepat dan tidak terlalu banyak. Sementara untuk Ayam Lodho, kuliner yang satu ini memiliki cukup banyak kandungan gizi. Pertama tentunya berasal dari ayam yang menjadi sumber protein hewani. Selain itu daging ayam juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi. Bahkan ditiap 100 gramnya daging ayam mengandung 74% udara, 22% protein, 1.5 mg zat besi, 180 mg fosfor, dan 13 mg kalsium. Ayam juga rendah lemak dan lemaknya termasuk asam lemak tak jenuh.

Source: google.co.id

Source: google.co.id

Lodho yang menggunakan ayam kampung memiliki kelebihan tersendiri. Ayam kampung selain memiliki rasa dan tekstur daging yang khas, juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Bahan ini memiliki toksin yang sedikit karena dalam proses pertumbuhan mereka tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Selain itu ayam kampung juga menjadi penghasil protein tertinggi setelah daging sapi. Ayam kampung memiliki 19 jenis protein dan asam amino yang baik untuk tubuh.

Baca Berita Lainnya:  Boleh kepo! Nama Jajanan Ini Kipo

Selain itu dari bahan santan yang dipakai juga baik untuk kesehatan. Santan memiliki khasiat mencegah penyakit jantung, mengontrol gula darah, dan bahkan mencegah penyakit Alzheimer. Sementara dari bahan lainnya yakni kunyit juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Kunyit menurut penelitian mampu mengurangi nyeri pada para penderita osteoarthritis ayau nyeri sendi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa kunyi sebandung dengan obat ibuprofen. Kalau dari cabe yang dipakai dalam kuliner ini memiliki manfaat seperti bertindak sebagai antioksidan karena kandungan caipsinnya, mampu mengurangi kolesterol, dan mencegah penyumbatan darah ke jantung.

Source: google.co.id

Source: google.co.id

Pada bagian pengolahannya pun kuliner ini juga memiliki manfaat tersendiri. Karena Ayam Lodho dipanggang terlebih dahulu, maka lemak-lemak dalam tubuh ayam akan berkurang. Sehingga Ayam Lodho yang anda makan memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibanding dengan kuliner lain yang sejenis.

Baca Berita Lainnya:  7 Gunung Dengan Pemandangan Surga di Jawa

Biasanya ketika anda menikmati Ayam Lodho di tempatnya berasal, anda akan disuguhi makan pelengkap yakni Nasi Gurih dan juga Urap-urap. Nasi gurih adalah nasi yang dibuat dari beras dan santan. Kuliner ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat disajikan ketika masih hangat. Di kota lain nasi gurih biasa disebut Nasi Uduk.

Source: google.co.id

Source: google.co.id

Sementara urap-urap merupakan kuliner dari bahan sayuran yang direbus lalu disajikan bersama dengan parutan kepala dengan rasa yang pedas. Urap-urap biasanya hadir untuk menyeimbangkan asupan daging yang masuk ke tubuh.

Di tempat asalnya Ayam Lodho dulu biasanya dihidangkan di acara-acara besar seperti pernikahan, idul fitri, megengan dan acara syukuran. Megengan merupakan perayaan mengawali bulan Ramadhan.

Baca Berita Lainnya:  Enjoy Bersama di Jazz Mben Senen

Itulah sedikit informasi tentang Ayam Lodho. Sebenarnya semua hal itu bila dipakai dengan porsi yang semestinya dan tidak terlalu banyak maka akan sangat baik bagi tubuh.

Semoga bermanfaat.

No Comments

Leave a Reply