Ada Apa Saja di Museum Angkut?

Ada Apa Saja di Museum Angkut?

TriPuspitasari
no comments. 64

Kalau membahas liburan di Malang, pasti temanya nggak akan jauh dari Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Batu Night Spectacular (BNS). For your information, saat ini objek wisata yang hits di Malang nggak hanya tentang Jatim Park dan BNS saja. Ada objek wisata yang nggak kalah seru lain yang wajib kamu coba saat main ke Malang, Museum Angkut namanya.

 

Beralamat lengkap di Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Kecamatan Batu, Jawa Timur, museum ini memiliki luas 3,7 hektar. Cukup luas memang. Apalagi di dalamnya terdapat zona-zona yang pasti memakan banyak waktu untuk foto-foto. Lantas haruskah berangkat ke Museum Angkut pagi-pagi? Saya rasa nggak ya karena loket tiket baru buka pukul 11.00 WIB. Tapi kalau mau menghindari macet (apalagi kalau kamu berkunjung saat weekend), sangat disarankan berangkat sejak pagi.

 

Lalu, ada apa saja di Museum Angkut? Sesuai namanya, objek wisata ini berisi sarana transportasi (angkutan) baik itu tradisional, modern, hingga yang berbentuk unik. Angkutan yang dipajang nggak hanya dari Indonesia saja, tetapi dari berbagai negara. Di Museum Angkut juga terdapat beberapa zona, seperti zona edukasi, zona Batavia, zona Sunda Kelapa, Zona Eropa, Zona Istana Buckingham, dan lain-lain. Rekomended lah sebagai destinasi piknik keluarga karena cocok untuk segala jenis umur, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.. Well menurut saya setiap sudut di Museum Angkut sangat instagramable.

 

So, apa saja sih yang nggak boleh dilewatkan saat mengunjungi Museum Angkut? Berikut saya ulas hasil piknik keluarga kami. Jangan lupa untuk mengambil foto-foto di spot ini, ya!

 

Pasar Apung Nusantara

Kalau nggak sempat sarapan, di Museum Angkut terdapat pasar yang menyajikan makanan. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh di sini. Ada berbagai macam jajanan tradisional di sini. Oh ya, di sini kamu juga bisa mencoba menu-menu di Train Café. Bentuk kafenya lucu, lho.

Naik Perahu

Selain makanan dan oleh-oleh, sempatkanlah untuk menaiki perahu yang akan membawamu berkeliling Pasar Apung Nusantara. Anak kecil yang diajak naik perahu biasanya senang, keponakan saya contohnya.

Memutari Pasar Apung Nusantara

Memutari Pasar Apung Nusantara

Koleksi Angkutan yang Beragam

Alat transportasi di Museum Angkut sangat beragam. Ada diantaranya sepeda, kereta kencana, sepeda motor, mobil, perahu, hingga pesawat terbang. Seperti yang saya sampaikan di depan, ada dari jenis tradisional, modern, dan unik baik dari Indonesia hingga berbagai negara.

Kapal Majapahit yang megah. Indonesia di zaman dulu sudah pemberani nan hebat, bagaimana sekarang?

Kapal Majapahit yang megah. Indonesia di zaman dulu sudah pemberani nan hebat, bagaimana sekarang?

Naik Pesawat

Di Museum Angkut ada beragam jenis pesawat. Ada beberapa yang bisa dinaiki oleh anak kecil. Kalau kamu mengajak anak atau keponakan yang masih kecil, kamu bisa menawarkan untuk naik pesawat. Nggak perlu khawatir karena ada pemandu yang akan menggendong naik dan turun.

Mupeng sama ponakan yang bisa naik pesawat (seperti saya)? Haha, tenang! Kamu sekeluarga bisa naik pesawat juga kok. Di Museum Angkut terdapat simulasi pesawat kepresidenan yang di dalamnya sangat instagramable. Tapi kamu harus sabar dengan antriannya.

Simulasi pesawat kepresidenan

Simulasi pesawat kepresidenan

Makan di Restoran yang Menyerupai Pesawat

Bahkan belum selesai mengelilingi Museum Angkut saja sudah capek dan lapar. Untung ada restoran yang bentuknya seperti pesawat, di mana tempat duduknya didesain seperti tempat duduk pesawat kelas ekonomi, hehe.

Restoran seperti di pesawat

Restoran seperti di pesawat

Di restoran ini juga menyajikan informasi seputar kecelakaan-kecelakaan pesawat yang pernah terjadi. Sembari menunggu pesanan datang, saya mengajak keponakan membca informasi seputar tragedi kecelakaan pesawat di seluruh dunia.

 

Museum Angkut memang berada di Kota Batu Malang. Namun suasana di sana membuatmu merasa berada di Eropa. Kalau mau ke kampung China, di sini juga ada. Oh ya, buat kamu yang beragama Islam ada baiknya istirahat dan shalat karena terdapat mushola di bagian ini.

Cek Kabar: Karstubing Sedayu: The River Of Adventure

Bagian yang paling saya sukai justru berada di Zona Eropa. Yaaa, lumayan ya, meski belum bisa ke Eropa beneran, seenggaknya ke Eropa versi kw sekian dulu, hehe. Lucunya, saat posting foto di Zona Eropa ini, ada teman yang mengira saya ke Eropa beneran, hehe. Buat kamu yang ngidam ke Eropa, yakin nggak mau ngengok Eropa versi Kota Batu dulu?

Berasa di Eropa

Berasa di Eropa

Ya dan akhirnya wisata berkeliling Museum Angkut pun selesai sudah. Kaki gempor, badan capek. Tapi puas banget. Nggak rugi keluar uang 100ribu untuk tiket per orangnya, hehe.

 

 

No Comments

Leave a Reply