7 Puncak Tertinggi Indonesia

7 Puncak Tertinggi Indonesia

Indonesia Jernih
no comments. 34

Indonesia ini adalah negara yang dijuluki Ring of Fire karena memang dikelilingi jalur gunung berapi. Hal itulah yang akhirnya membuat Indonesia memiliki banyak sekali gunung. Nah, pada artikel kali ini mimin akan membahas soal Seven Summits atau 7 puncak tertinggi yang ada di Indonesia. Mungkin selama ini kamu hanya tahu tentang 7 summits yang ada di dunia dan lupa bahwa Indonesia dengan begitu banyak gunung, juga memiliki 7 Summits atau 7 puncak tertinggi Indonesia. 7 puncak ini juga menjadi destinasi wajib bagi para penggilan pendakian.

7 puncak tertinggi Indonesia ini terbagi di 7 pulau atau kepulauan. Mulai dari Papua, Kalimantan, Jawa, Sumatera, Kepulauan Maluku, Nusa Tenggara yakni di Bali dan Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Well, ini adalah daftar 7 puncak tertinggi Indonesia.

 

1.      Cartenz Pyramid.

Puncak Tertinggi Indonesia yang pertama adalah Cartenz Pyramid. Puncak ini merupakan puncak tertinggi di pulau Papua yang juga merupakan titik paling tinggi di Indonesia. Cartenz Pyramid bahkan masuk ke dalam salah satu Seven Summits 7 benua di dunia. Cartenz Pyramid ini memiliki tinggi 4.884 mdpl. Puncaknya berada di kawasan pegunungan Jaya Wijaya dan merupakan gunung berjenis karang. Di atas puncaknya terdapat salju abadi di beberapa titik di tempat ini. Gunung ini bisa diakses dari desa Ilaga dan Sugapa.

2.      Gunung Kerinci.

Gunung tertinggi di pulau Sumatera dengan ketinggian 3.805 mdpl ini adalah salah satu puncak tertinggi Indonesia. Berada di perbatasan Sumbar dan Jambi, gunung yang satu ini masih berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Gunung Kerinci ini masuk dalam salah satu gunung berapi yang masih aktif dan gunung berapi paling tinggi di Asia Tenggara. Kalau mau mendaki ke gunung ini kamu bisa melalui jalur normal dari desa Kersik Tuo yang ada di wilayah Jambi.

3.      Gunung Rinjani.

Gunung tertinggi di kepulauan Sunda Kecil ini bernama Rinjani. Memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Rinjani ini merupakan salah satu puncak tertinggi Indonesia yang juga gunung berapi tertinggi nomor dua di Indonesia dan juga masih aktif dan secara berkala menunjukkan keaktifannya. Di Gunung Rinjani ini terdapat sebuah danau Kaldera yang dikenal juga dengan nama Danau Segara Anak. Gunung ini ada di Pulau Lombok dan berada di bawah naungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Kalau ingin mendaki kamu bisa melewati rute normal yakni dari desa Sembalun dan Senaru.

Cek Kabar: Karstubing Sedayu: The River Of Adventure

4.      Gunung Semeru.

Siapa yang tak kenal dengan gunung yang satu ini. Gunung tertinggi di pulau Jawa ini adalah salah satu dari 7 puncak tertinggi Indonesia. Jawa juga merupakan pulau yang memiliki gunung dengan ketinggian di atas 3000 mdpl. Gunung ini punya ketinggian 3.676 mdpl. Posisinya ada di Jawa Timur dan merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Bahkan setiap kurang dari 20 menit kawahnya mengeluarkan abu vulkanik yang berwarna hitam dan ada campuran pasir dan kerikil. Rute pendakian normal yang biasa dilalui para pendaki adalah dari Desa Ranupane.

5.      Gunung Binaiya.

Maluku juga memiliki sebuah gunung yang menempati salah satu posisi di 7 puncak tertinggi di Indonesia. Nama gunung tersebut adalah gunung Binaiya. Gunung ini punya ketinggian sekita 3.207 mdpl dan ada di pulau Seram di Kabupaten Maluku Tengah. Binaiya bukan gunung berapi dan kalau kalian mau mendaki Binaiya kalian bisa melewati jalur normal melalui sisi utara di desa Kanike atau sisi selatan yakni desa Piliana.

6.      Gunung Latimojong.

Gunung tertinggi di pulau Sulawesi ini bukan merupakan jenis stratovolcano tapi merpakan gugusan pegunungan yang punya banyak puncak. Puncak tertinggi yang dimiliki Latimojong adalah Rante Mario yang punya ketinggian 3.430 mdpl. Latimojong ini ada di kabupaten Enrekang di propinsi Sulawesi Selatan. Kalau ingin mendaki ke gunung ini bisa melali rute normal di desa Karangan.

7.      Gunung Bukit Raya.

Gunung yang satu ini ada di pulau Kalimantan. Kalimantan sebenarnya punya puncak gunung tertinggi bernama Kinabalu. Tapi sayangnya gunung itu ada di bawah kedaulatan Malaysia sehingga tidak bisa masuk dalam 7 puncak tertinggi Indonesia. Karena itulah puncak tertinggi dipegang oleh Gunung Bukit Raya yang memiliki tinggi 2.278 mdpl dan berada di perbaasan Kalimantan Tengah dan Barat. Gunung Bukit Raya bukan merupakan gunung berapi dan ada di bawah pengawasan Taman Nasionla Bukit Baka – Bukit Raya. Rute yang biasa di lalui para pendaki ini ada di Desa Rantau Malam dan akses desa ini bisa dilakukan dari Pontianak.

 

Well, itu adalah 7 puncak tertinggi yang ada di Indonesia. Gimana? Tertarik untuk mengunjungi puncaknya? Siapkan segala sesuatu dengan baik dan taklukkan 7 puncak tersebut dan nikmati pemandangan yang indah disana.

No Comments

Leave a Reply