7 Destinasi Wisata Populer di Solo

7 Destinasi Wisata Populer di Solo

woi.id
no comments. 783

Solo merupakan salah satu wilayah yang memiliki destinasi wisata yang eksotis. Meskipun tak berada di pesisir, dimana akhirnya membuat Solo seolah tak memiliki wisata pantai, tapi Solo menawarkan wisata yang lain. Solo memiliki wisata-wisata yang tak kalah eksotis dengan daerah lain. Solo yang juga memiliki kesultanan seperti Jogja, menawarkan wisata yang mirip-mirip dengan Jogja. Tapi, selalu ada ciri khas tersendiri dari Solo. Jadi, apa saja 7 destinasi wisata populer di Solo yang bisa kamu kunjungi? Berikut daftarnya:

1.     Keraton Kasunanan.

Destinasi Wisata Populer di Solo

Keraton Kasunanan
Sumber: Google.co.id

Destinasi wisata populer di Solo yang pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Keraton Kasunanan. Kurang lengkap rasanya kalau kamu ke Solo tapi tak mampir satu tempat bersejarah yang menjadi identitas kota Solo ini. Kraton ini merupakan pusat segala macam kegiatan budaya yang ada di Solo. Selain digunakan sebagai tempat tinggal sunan, kraton ini juga dibuka untuk masyarakat umum yang ingin berwisata dan menikmati arsitektur dan suasana yang ada disana. Meskipun kunjungannya memiliki jam yang terbatas. Jadi, kamu tahu kan, kalau ingin datang kesini kamu harus memilih waktu yang tepat. Kraton dibukan untuk umum dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang. So, ingin menikmati suasana Solo yang kental, maka datanglah di waktu yang tepat.

 

2.     Candi Sukuh.

Destinasi Wisata Populer di Solo

Candi Sukun
Sumber: Google.co.id

Selanjutnya kita akan sedikit bergeser ke wilayan Karanganyar yang berada di sebelah timur kota Solo. Di wilayah yang satu ini ada sebuah candi yang kerap disebut sebagai candi “mesum” karena memiliki banyak arca dan relief yang menampilkan organ vital manusia. Candi sukuh namanya. Candi yang satu ini merupakan candi bercorak Hindu yang terletak satu jam perjalanan dari arah Solo dan berada di lereng gunung Lawu di ketinggian 1.186 meter. Sehingga suasana yang ditawarkan candi yang satu ini tak hanya keeksotisan arca dan reliefnya, tapi suasana alamnya yang luar biasa.

Baca Berita Lainnya:  Konser Musik Elektronik di Festival Kesenian Yogyakarta

 

3.     Candi Cetho.

Destinasi Wisata Populer di Solo

Candi Cetho
Sumber: Google.co.id

Solo juga memiliki candi bercorak Hindu yang lain yang bisa kamu temukan di lereng Gungun Lawu. Candi tersebut adalah Candi Cetho. Candi yang satu ini berada sedikit lebih tinggi dari Candi Sukuh. Ia berada di ketinggian 1.496 meter dari permukaan laut dan terletak di salah satu jalur pendakian ke puncak Lawu. Salahs atu yang menarik dari candi ini selain nilai sejarah dan budayanya adalah latar belakang pemandangan puncak Lawu.

Kalau kamu ingin ke Ceto, kamu akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan motor dari kota Solo. Dalam perjalanan kamu akan menemukan perkebunan Teh Kemuning yang memberikan pemandangan yang hijau dan asti. Setelah dari Candi Cetho kamu juga bisa jalan-jalan di sekitar kebun teh dan juga bisa menikmati teh yang ditanam disana.

4.     Museum Radya Pustaka.

Destinasi Wisata Populer di Solo

Museum Radya Pustaka
Sumber: Google.co.id

Kamu tahu nggak kalau di Solo itu adalah museum tertua yang ada di Indonesia? Yups! Museum ini bernama Museum Radya Pustaka. Museum yang merupakan Destinasi Wisata Populer di Solo ini menyimpan banyak sekali benda yang berhubungan kebudayaan Jawa. Salah satu bagian yang menarik dari museum ini adalah koleksi arca tua yang beberapa waktu yang lalu sempat menjadi bahan Pemberitaan. Selain arca, museum ini juga memiliki banyak benda koleksi lain seperti gamelan, gong, wayang, sampai ukiran-ukiran yang memiliki nuansa Jawa yang kental. Museum Radya Pustaka ini terletak di jalan utama kota Solo yakni Jalan Slamet Riyadi dan tak terlalu jauh dari Museum ini juga ada Taman Sriwedari.

Baca Berita Lainnya:  Cemilan Pembuat Baper, Teringat Jogja Kembali

5.     Taman Kota Bale Kambang.

Destinasi Wisata Populer di Solo

Taman Balekambang Solo
Sumber: Google.co.id

Kalau kamu pengen jalan-jalanmu ke Solo menjadi lebih berkesan, kamu harus mengunjungi tempat nongkrongnya anak-anak muda Solo. Salah satu tempat yang menjadi favorite anak muda Solo adalah Taman Kota Balekambang yang menjadi Destinasi Wisata Populer di Solo.

Taman yang satu ini memiliki luas sekitar 9.8 hektare dengan suasana taman yang sejuk karena penuh dengan pohon-pohon tua yang punya daun yang rimbun. Nah, pemerintahan Solo tahu kalau Taman ini bisa menjadi salah satu komoditi wisata yang baik untuk Solo, maka mereka menambahkan beberapa binatang seperti ayam, angsa, dan bahkan Rusa. Binatang-binatang itu bebas berkeliaran di sekitar taman. Jadi, kalau kamu kesana, selain bisa menikmati suasananya yang sejuk, kamu juga bisa melihat hewan-hewan yang berkeliaran. Pasti sangat menenangkan!

Baca Berita Lainnya:  Berbahaya! Jangan Coba-coba ke Candi Cetho, Pasalnya...

6.     Museum Purba Sangiran.

Destinasi Wisata Populer di Solo

Museum Sangiran
Sumber: Google.co.id

Sekarang kita akan bergeser ke bagian utara Solo. Di sana ada sebuah museum manusia purba yang sudah sangat terkenal yakni Museum Sangiran yang menjadi Destinasi Wisata Populer di Solo. Museum ini berlokasi sekitar 45 menit dari pusat kota Solo. Museum ini berada di Krikilan, Kalijambe, Sragen. Di museum yang merupakan museum purba paling lengkap se-Asia ini terdapat banyak benda-benda purba yang terpajang di museum ini. Tak hanya anatomi manusia purba, tapi juga benda-benda yang pernah digunakan oleh manusia pra sejarah untuk bisa bertahan hidup. Bangunan di museum ini juga terlihat modern dan sangat terawat.

7.     Pasar Barang Antik Triwindu.

Destinasi Wisata Populer di Solo

Pasar Triwindu Solo
Sumber: Google.co.id

At last but not least, adalah Pasar Barang Antik Triwindu. Kalau kamu penggemar barang antik atau kolektor, maka berkunjung ke tempat ini menjadi salah satu kewajiban kalau sedang berada di Solo. Tempat ini pasti sangat menyenangkan untuk para pecinta barang antik. Pasar ini memiliki banyak sekali barang-barang kuno yang dijual dari mulai yang bernuansa Jawa, sampai barang peninggalan masa Belanda.

Cek Kabar: Karstubing Sedayu: The River Of Adventure

Itu tadi 7 dari sekian banyak destinasi wisata yang Solo punya. Nah, kalau kamu misalnya punya destinasi wisata lain di Solo yang ternyata belum terekspose, maka alangkah baiknya tinggalkan di kolom komen, nanti biarkan admin yang bergerak untuk membahas destinasi wisata itu.

 

See you on the next article!

No Comments

Leave a Reply