5 Alasan Kamu Harus Mencintai Hutan Mangrove Kulonprogo

5 Alasan Kamu Harus Mencintai Hutan Mangrove Kulonprogo

woi.id
no comments. 4109

Satu lagi destinasi wisata baru yang menjadi favorit saat kamu berkunjung ke Kulonprogo, Hutan Mangrove. Wisata yang ada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta ini memang sedang populer. Ini tak lepas dari ulah para wisatawan atau traveler khususnya anak-anak muda yang banyak mengunggah foto-foto keindahan alam Hutan Mangrove ini di media sosial.

Banyak hal unik yang memang menjadikan Hutan Mangrove ini menjadi cepat populer. Diantaranya adanya jembatan bambu yang menjadi penghubung antar lokasi, ini menjadi spot incaran para wisatawan untuk berfoto. Yang paling terkenal adalah Jembatan Api-Api dan jembatan berbentuk hati atau lambang cinta. Selain itu kamu juga bisa menaiki kapal perahu yang akan mengelilingi sungai Bogowonto untuk menikmati keindahan dan kesejukan alam mangrove dengan sangat lepas . Disini kamu akan semakin mengerti tentang arti keindahan alam. Dan keindahan akan terus lestari jika kamu ikut menjaganya.

Baca Berita Lainnya:  Taman Sari - Sisi Lain Peninggalan Keraton Jogja Yang Unik

photo_2016-09-30_10-30-01

Tak hanya menawarkan keunikan, Hutan Mangrove Kulonprogo juga memberimu banyak manfaat yang menyangkut kelangsungan hidup ekosistem alam. Sedikitnya ada lima manfaat Hutan Mangrove yang dengan itu kamu harus mencintainya dengan terus menjaga kelestariannya. Yang pertama adalah mencegah intrusi air laut, ini merupakan peristiwa perembesan air laut ke darat. Intrusi laut dapat menyebabkan air tanah menjadi payau sehingga tidak baik untuk dikonsumsi. Kedua, mencegah erosi dan abrasi pantai. Ketiga, Hutan Mangrove juga berperan sebagai pencegah dan penyaring alami. Keempat, Hutan Mangrove menjadi habitat dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa. Dan yang terakhir, Hutan Mangrove berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir. Kelima manfaat inilah yang jadi alasan kenapa kamu harus mencintai Hutan Mangrove.

Baca Berita Lainnya:  Monumen Jendral Soedirman di Pacitan yang Terlupakan?

No Comments

Leave a Reply